Samarinda Siap Terapkan Normal Baru, Tapi Masyarakat Harus Ikuti Protokol Kesehatan

Rabu 24-06-2020,17:00 WIB
Reporter : bayong
Editor : bayong

Samarinda,DiswayKaltim.com - Samarinda siap menyambut normal baru. Bahkan Dinas Kesehatan (Diskes) sudah memberikan lampu hijau. Hal itu disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Diskes Samarinda Ismed Kosasih.

Setelah menggelar swab massal di pasar, Diskes Samarinda, menyasar pekerja dan orang-orang yang berada di wilayah pelabuhan. Selama dua hari. Yakni 22 hingga 23 Juni, Diskes gelar swab massal di kantor Komura Pelabuhan Samarinda, Jalan Yos Sudarso.

"Sekitar 400-500 yang mengikuti swab massal," terang Ismed Kosasih.

Sementara itu, menyambut New Normal, Ismed menuturkan bahwa Samarinda siap memasuki masa tersebut. Meskipun saat ini sudah menerapkan fase relaksasi tahap kedua.

"Sesudah melewati fase relaksasi secara tidak langsung sudah siap memasuki masa New Normal yang ada dalam ketentuan dari WHO dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes)," jelasnya.

Kata Ismed lagi, hingga saat ini angka yang terkonfirmasi positif corona selama masa relaksasi mengalami penurunan. Rumah sakit rujukan dari RSUD AW Sjahranie dan RSUD IA Moeis sudah tidak ada yang merawat pasien.

Belum lagi, soal transmisi lokal. Ismed menegaskan, saat ini Samarinda belum sama sekali ada kasus transmisi lokal, sehingga ini menjadi perhatian yang perlu ditekankan.

Lanjutnya, Diskes akan segera merekomendasikan hal ini ke Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Samarinda untuk penetapan New Normal setelah fase relaksasi berakhir.

"Keberhasilan relaksasi menuju ke new normal kembali pada kepatuhan masyarakat itu sendiri. Dalam menerapkan standar protokol kesehatan, mulai menggunakan masker, physical distancing dan social distancing," pungkasnya. (nad/boy)

Tags :
Kategori :

Terkait