Diskes Samarinda dan Kukar Colabs, Gelar Swab Massal

Rabu 17-06-2020,17:00 WIB
Reporter : bayong
Editor : bayong

Samarinda, DiswayKaltim.com - Gencar memutus rantai penyebaran virus corona atau covid-19, Dinas Kesehatan (Diskes) Samarinda tak hanya bersosialisasi atau gelar penyuluhan di titik-titik keramaian. Mereka pun berkolaborasi dengan instansi kabupaten yang berbatasan langsung dengan Kota Samarinda.

Salah satunya, Diskes Kabupaten Kutai Kartanegara. Seperti dilakukan hari ini (17/6/2020), kedua intansi daerah itu bersama-sama menggelar swab massal di dua titik yakni di Pasar Subuh, Jalan Poros Tenggarong dan di Langgar Al-Amin, Jalan Soekarno-Hatta.

Saat dikonfirmasi, Plt Kepala Diskes Samarinda, Ismed Kosasih membenarkan hal tersebut. Dia menyampaikan swab massal ini dalam rangka tracing Covid-19 yang berada persis di pemukiman perbatasan dua wilayah.

"Kami menargetkan sekitar 200-300 warga yang ikut dalam swab massal ini," ucapnya melalui sambungan telepon di hari yang sama.

Disinggung keterkaitan swab massal ini, lantaran sempat beredar media sosial bahwa ada satu gang pemukiman warga di Loa Janan Ulu terkonfirmasi reaktif positif corona. Di mana, wilayah ini berada persis di perbatasan antara Kota Samarinda dan Kutai Kartanegara (Kukar).

Ismed pun buru-buru menerangkan bahwa wilayah itu berada di lingkup Kabupaten Kukar. Sehingga, pihaknya tidak berhak memberikan keterangan.

"Yang reaktif itu kan di Loa Janan Ulu, nah itu silahkan saja ditanyakan ke Diskes Kukar. Masa ke saya kan nggak boleh dong. Yang jelas kami kerjasama berupaya memutus rantai penyebaran covid-19," jelasnya.

Lanjut Ismed, adanya kasus tersebut menjadi salah satu alasan digelarnya swab massal pada hari ini. Namun, tujuan utamanya untuk memutus rantai penyebaran virus corona. Mengingat wilayah Samarinda sangat berdekatan dengan Kukar.

"Sama-sama lah memutus rantai penyebaran makanya harus berkolaborasi. Sehingga digelarnya swab massal saat ini," tandasnya. (nad/boy)

Tags :
Kategori :

Terkait