Barkati-Darlis Tinggal Tunggu SK PDIP-Demokrat untuk Maju Pilwali Samarinda

Selasa 09-06-2020,19:33 WIB
Reporter : bayong
Editor : bayong

Samarinda, DiswayKaltim.com - Setelah PAN, Barkati-Darlis tinggal menunggu sejumlah parpol lain. Untuk melengkapi syarat jumlah kursi ketika mendaftar ke KPU.

Ada sejumlah Parpol yang dikabarkan akan ikut merapatkan barisan mengusung Bapaslon dengan tagline Sang Badar tersebut. Diantaranya Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Demokrat.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PAN Samarinda, Jasno ketika dikonfirmasi Disway Kaltim pada Senin (8/6/2020). Dalam kesempatan itu, Jasno menerangkan Barkati-Darlis tinggal menunggu SK dari kedua partai tersebut.

"Kita berharap setelah PAN mengeluarkan SK, mudah-mudahan PDIP dan Demokrat segera ikut mengeluarkan SK-nya. Dengan partai lainnya kita masih menunggu juga. Seperti Golkar dan Gerindra kan juga belum. Ya kita harap bisa ikut bergabung," ungkapnya.

Demokrat sendiri masih menunggu. Demikian diutarakan Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Demokrat Kaltim Achmad Sukamto.

Ia menerangkan bahwa partai berlambang bintang mercy tersebut, hingga kini masih belum menetapkan nama yang akan diusung di Pilwali Samarinda.

Namun ia menegaskan, bahwa Demokrat lebih memprioritaskan Kader partai untuk diusung. Sejauh ini sudah ada tiga nama kader Demokrat yang telah menerima surat tugas atau rekomendasi khusus, dalam pemenangan Pilwali Samarinda.

"Tetap Kader yang diprioritaskan untuk diusung. Seperti bang Victor Yuan, Saya dan Ibu Puji Astuti. Jadi intinya tetap kader," ungkapnya.

Hingga saat ini, Demokrat masih menjalin komunikasi dengan sejumlah partai politik untuk membangun koalisi.

"Yang utama adalah PDIP. Kalau PAN sudah mengusung Kadernya sendiri. Tapi tetap kami juga masih berkomunikasi dengan PAN," imbuhnya.

Menurutnya sampai kapan pun politik tetaplah bersifat dinamis. Meski sudah keluar nama-nama yang telah dipasangkan, tetapi masih memungkinkan mengalami perubahan formasi, sebelum akhirnya melakukan pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Karena sebelum pendaftaran di KPU, jadi semua masih bisa berubah," terangnya.

"Yang pasti kalau Demokrat tetap dari tiga nama itu tadi. Karena kami bertiga ini, sudah menerima rekomendasi surat tugas semua dari DPP," sambungnya.

Sukamto mengatakan, saat ini Demokrat masih berfokus membangun koalisi yang masih mengalami kekurangan jumlah kursi. Terkait terbitnya SK, pihaknya masih menunggu keputusan dari DPP. "Untuk SK nama yang akan diusung kita masih menunggu, untuk sementara masih surat tugas rekomendasi saja," katanya.

Mengingat tahapan pilkada serentak akan segera dimulai dibulan Juni ini, menurutnya masih ada waktu berkutat dalam komunikasi politik. "Masih cukup waktu membangun koalisi. Partai lain sudah mempersiapkan kader mereka. Kami juga sudah ada, tinggal menunggu waktu saja," ucapnya.

Tags :
Kategori :

Terkait