Sah, DPP PAN Usung Barkati-Darlis Maju Pilwali Samarinda

Senin 08-06-2020,22:16 WIB
Reporter : bayong
Editor : bayong

Samarinda,DiswayKaltim.com - Partai Amanat Nasional (PAN) resmi mengusung M Barkati dan Darlis Patalongi maju pilwali Samarinda. Surat keputusan pengusungan sudah ditandatangani langsung oleh Ketum PAN Zulkifli Hasan.

Keputusan itu tertuang dalam Surat Keputusan (SK) bernomor PAN/Kpts/KU-SJ/026/III/2020 tentang Persetujuan Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Samarinda yang ditandatangani Zulkifli Hasan. Kabar tersebut turut dibenarkan Ketua DPC PAN Samarinda Jasno. Terbitnya SK DPP PAN mempertegas arah politik partai berlambang matahari tersebut.

"SK DPP PAN untuk pasangan Barkati-Darlis sudah final bukan lagi rekomendasi dan sudah sesuai dengan format dari KPU dan tidak mungkin berubah lagi," ucapnya saat dikonfirmasi Disway Kaltim melalui telepon, Senin (8/6/2020).

Disinggung mengenai tanggal terbitnya surat yang tertera 31 Maret lalu. Jasno menjelaskan, keterlambatan DPW PAN Kaltim mengambil SK, lantaran situasi yang tidak memungkinkan untuk berpergian keluar kota, dikarenakan dalam masa pandemi Covid-19.

"SK sudah ditandatangani ketua dari 31 Maret yang lalu, gara-gara ada Virus Corona jadi kita gak bisa ambil kesana," jelasnya.

Seperti diketahui, Barkati-Darlis telah mendeklarasikan diri sebagai Bapaslon yang akan maju pada Pilwali Samarinda di medio Mei lalu.

Sementara dalam rentang waktu Maret hingga Mei, sudah ada beberapa nama yang sempat akan disandingkan oleh Barkati yang berstatus sebagai petahana. Nama-nama tersebut diantara lain, adalah Apri Gunawan hingga terakhir Erwin Izharuddin.

Namun belakangan baru diketahui setelah terbitnya SK, bahwa sebenarnya Barkati-Darlis justru telah dipasangkan sejak Maret lalu. "Sudah dari Maret (dipasangkan), di Bulan Puasa itu baru ada kepastian, karena baru dikirimkan SK. Untuk SK-nya sudah terbit di 31 Maret, karena ada terkendala COVID-19 makanya baru ada ditangan kami," ungkapnya.

"InsyaAllah lah, kali ini tidak akan berubah, karena sudah keluar SK makanya kami berani publis," sambungnya.

Sementara itu, jauh hari dari terbitnya SK dari PAN mengusung Bapaslon Barkati-Darlis. DPP PAN sebelumnya telah memberikan surat tugas atau rekomendasi, sebagai pembagian tugas dalam pemenangan Pilkada serentak di Benua Etam.

Diketahui kala itu, Erwin Izharuddin diberikan tugaskan untuk maju di Pilwali Samarinda. Sedangkan Darlis Patalongi ditugaskan untuk maju di Pilbup Kukar. Menurut Jasno, terkait terbitnya SK yang justru mengusung Darlis untuk maju di Pilwali Samarinda, sudah melalui pertimbangan dari DPP. "Itu kan hanya surat penugasan. Kita tidak tau kalau DPP punya pertimbangan lain. Sehingga SK-nya keluar atas nama pak Darlis. Mungkin penilaiannya karena sebagai Ketua Partai, diharapkannya dapat menggerakkan mesin partai," ungkapnya.

Lanjut Jasno mengungkapkan, diundurnya Pilkada Serentak pada 9 Desember mendatang, lantaran dibarengi Pandemi, justru menguntungkan partai berlambang matahari tersebut untuk melakukan sosialisasi Bapaslon yang akan mereka usung. "Saya pikir waktu masih sangat cukup, karenakan pemilu diundur sampai Desember. Waktu 6 bulan mungkin cukup untuk melakukan sosialisasi ke masyarakat," ucapnya.

Meski ditengah pandemi, sebutnya, selama ini partai tidak mengalami kendala untuk mensosialisasikan Paslon.

"Tidak ada kendala untuk mensosialisasikan pasangan ini. Kita sudah ada satu bulan melakukan sosialisasi lewat spanduk, Billboard dan sosialisasi lainnya. Artinya ini pasangan ini siap bersaing di Pilkada," imbuhnya.

Tags :
Kategori :

Terkait