Harus Pintar Pahami Pelanggan

Rabu 19-02-2020,09:59 WIB
Reporter : admin3 diskal
Editor : admin3 diskal

MURAH senyum, itulah yang menggambarkan sosok Karmila. Wanita kelahiran Bontang, 16 Juni 1996 ini, yang tengah disibukkan sebagai promotor smartphone. Tahun ini, memasuki tahun ke-3 menggeluti pekerjaan tersebut. “Saya sangat menikmati pekerjaan saya saat ini, bisa bertemu dengan orang banyak, bisa nambah teman juga,” ungkapnya. Ada panggilan lucu yang melekat pada perempuan ini, yaitu Panda. Banyak orang yang memanggil namanya dengan sebutan tersebut, tentu saja karena perempuan ini menyukai binatang khas dari negeri Tirai Bambu itu. “Teman-teman dekat sering memanggil nama saya Panda, mungkin karena saya suka dengan Panda kali ya,” kata wanita yang merupakan alumni SMP Muhammadiyah ini. Jika bertanya mengapa tertarik menjadi promotor smartphone, jawaban jujur dari Mila adalah gaji yang lumayan untuk biaya hidup di Bumi Batiwakkal. Selain tawaran penghasilan yang menggiurkan, belajar memahami beberapa calon customer juga menjadi tantangan tersendiri baginya. Mila bercerita, pernah mendapatkan customer yang tunawicara. Karena dirinya pun kurang memahami bagaimana harus berinteraksi dengan mereka, ini menjadi kesulitan dan pengalaman tersendiri baginya. Dari cerita tersebut, Ia dapat mengambil beberapa pelajaran tentang bagaimana seharusnya bersikap dengan berbagai perbedaan pelanggan. Berbeda layaknya sifat setiap manusia. Selain itu, ada pula hal yang berat dari pekerjaannya, jika sewaktu-waktu target yang seharusnya didapatkan tidak dapat terpenuhi. “Kalau kadang kurang dari target, itu jadi evaluasi tersendiri, harus lebih giat lagi kerjanya,” ungkapnya. Sibuk dalam pekerjaannya tak membuat perempuan ini lupa untuk membahagiakan dirinya sendiri. Menurutnya, cara membahagiakan dirinya sendiri adalah dengan jalan-jalan dan makan makanan yang enak. “Jalan-jalan bisa dikatakan sebagai hobi ya, sekalian melepas penat,” tutupnya. *RAP/APP

Tags :
Kategori :

Terkait