Melihat Keseruan Dua Kontestan dari Balikpapan

Kamis 18-07-2019,16:10 WIB
Reporter : Devi Alamsyah
Editor : Devi Alamsyah

Balikpapan, DiswayKaltim.com – Sambutan luar biasa diberikan dua SMA kontestan Honda Development Basket League (Honda DBL) East Kalimantan Series 2019 saat roadshow di Balikpapan, Kamis (18/7/2019).

Seperti biasanya, tim DBL memang melakukan sosialisasi jelang pertandingan yang akan dimulai pekan depan, 26 Juli hingga 3 Agustus 2019 di GOR Segiri, Samarinda. Roadshow sebagai ajang menumbuhkan motivasi serta kebanggaan sekolah sebelum timnya berlaga.

Dua sekolah yang mendapat giliran roadshow kali ini adalah SMAN 1 dan SMAN 5 Balikpapan. Sejak seri Kaltim bergulir 2009 lalu, kedua sekolah ini tidak pernah absen mengirimkan tim beradu dengan tim sekolah-sekolah lainnya se-Kaltim. Bahkan keduanya tercatat pernah membawa pulang piala ke sekolah masing-masing.

Tahun ini, Honda DBL East Kalimantan Series akan diikuti 37 tim dari sekolah se-Kaltim. Mereka akan bersaing untuk dapat berlaga di tingkat nasional melawan tim terbaik dari seluruh daerah se-Indonesia. Ya, DBL merupakan kompetisi basket bergengsi bagi siswa SMA di Tanah Air.

Target Kawinkan Gelar

SMAN 1 (Smansa) Balikpapan sudah tidak sabar melakoni pertandingan pada Honda DBL East Kalimantan Series tahun ini.

Kepercayaan diri serta semangat dan dukungan dari pihak sekolah serta pendukung setia, membuat mereka memasang target akan mengawinkan gelar tim putra dan putri tahun ini.

Manajer Tim Smansa Balikpapan I Made Jasa menegaskan hal itu. Bahkan Made mengatakan, persiapan kedua tim sudah sangat maksimal. Dua bulan jelang laga bergengsi se-Indonesia ini, latihan bahkan semakin intensif.  "Sudah, sudah maksimal," ujarnya.

Perjuangan tim putra yang terhenti di babak 16 besar tahun lalu menjadi catatan penting. "Target perbaikan kekurangan-kekurangan individu pemain, dan juga yang paling penting adalah mental," tegas Made.

Kapten tim putra Pridan Kristian mengatakan, akurasi dan skill pemain menjadi fokus pelatih selama persiapan. Pridan yang memimpin timnya pada laga tahun ini mengaku sangat antusias menunggu pertandingan. "Siap juara," katanya singkat.

Kepercayaan diri juga ditunjukkan tim putri Smansa. Status juara pada gelaran tahun lalu tidak membuat Ristha Dewi Budiono dan kawan-kawan merasa terbebani. Meski ia mengaku ada beberapa tim yang patut diwaspadai bisa mengubah catatan manis tahun lalu.

"Latihan diperbanyak, offense dan defense harus lebih baik dari tahun lalu," kata kapten tim itu.

Misi Bawa Pulang Piala

Misi membawa kembali piala Honda DBL menjadi motivasi bagi tim basket putra SMAN 5 (Smala) Balikpapan. Maklum, sudah empat tahun Smala pulang tanpa gelar sejak meraih juara 1 pada gelaran 2014 dan 2015.

Memenuhi target itu, persiapan tim bahkan sudah dimulai sejak tahun lalu. Porsi latihan juga diperbanyak menjadi setiap hari. Bahkan trial game sering digelar melawan klub-klub basket di Balikpapan.

“Persiapan cukup matang. Latihan setiap hari,” kata Tamam Real Marchanda, kapten tim putra Smala Balikpapan saat roadshow, Kamis (18/7/2019).

Tamam menyebut enggan menoleh ke belakang, melihat hasil Honda DBL tahun lalu yang harus tersingkir lebih awal di babak penyisihan.

“Kita evaluasi hasil tahun lalu. Karena komposisi pemain setiap tahun harus berubah. Hanya menyisakan 30 persen pemain yang pernah berlaga di DBL sebelumnya. Begitu juga tahun ini. Ini yang menjadi tantangan. Makanya kita persiapan sudah sejak lama. Bangun komunikasi dan team work,” paparnya.

Tamam dan timnya sudah memetakan kekuatan tim yang harus diwaspadai. Meski memang, kata dia, siapa pun yang menjadi lawan tidak boleh dianggap enteng.

“Optimis target juara,” tegasnya singkat.

Mewakili kepala SMAN 5 Balikpapan, Marce Pandi meyakini, anak-anak didiknya mampu memenuhi target juara tahun ini.  Ia juga menyampaikan sangat mendukung even ini dan berterima kasih SMAN 5 Balikpapan selalu dikunjungi tim Honda DBL setiap kali roadshow.

“Kegiatan ini sangat positif. Tentu kita akan selalu support anak-anak. Dan tentunya mereka bisa membawa pulang piala, “ ujarnya mantap.

Antusias Ikuti Roadshow Roadshow Honda DBL East Kalimantan Series 2019 di Balikpapan selalu menghadirkan keseruan. Ratusan siswa menyemut di pinggir lapangan. Tim yang bertanding diperkenalkan di hadapan semua siswa dan guru-guru. Satu-persatu nama mereka dipanggil, disambut teriakan histeris suporter. Keseruan makin menjadi kala dancer yang akan mendampingi tim sepanjang pertandingan tampil menyuguhkan aksinya.

Dan tentu saja, barisan garis keras suporter, ikut meneriakkan lagu penyemangat dengan tabuhan drum yang atraktif.

Sementara para sponsor, Honda dan Teh Botol Sosro, juga ikut meramaikan dengan sejumlah games dan challenge dengan hadiah-hadiah menarik. Astra Honda Motor juga memberikan pengenalan safety riding bagi para siswa.  (eny/dah)

Tags :
Kategori :

Terkait