Ekonomi Kalimantan Timur Terus Tumbuh Sejak Pembangunan IKN Dimulai Pada 2022

Selasa 08-10-2024,15:08 WIB
Reporter : Yos Setiyono
Editor : Yos Setiyono

Terpisah, Kepala BPS Kalimantan Timur Yusniar Juliana menyampaikan bahwa pertumbuhan ekonomi Kalimantan Timur sangat baik.

”Ekonomi Kalimantan Timur Triwulan I 2024 terhadap Triwulan I 2023 tumbuh sebesar 7,26 persen year on year,” ungkap dia dalam keterangan resmi yang disampaikan kepada awak media. Juliana menyebut, pertumbuhan tertinggi berasal dari lapangan usaha administrasi pemerintahan, pertahanan, dan jaminan sosial sebesar 17,44 persen.

BACA JUGA: Rekor! Harga Emas Antam Naik Rp11.000, Buyback Naik Rp10.000 (disway.id)

Secara umum, pertumbuhan ekonomi Kalimantan Timur meyumbang kontribusi paling besar atas pertumbuhan ekonomi di seluruh Kalimantan dengan kontribusi penyusunan nilai tambah regional Kalimantan sebesar 48,12 persen.

Yang tidak kalah baik tentu saja catatan BPS Kalimantan Timur pada 2023. Pertumbuhan ekonomi Kalimantan Timur secara kumulatif sebesar 6,22 persen, Angka tersebut menunjukkan akselerasi kinerja ekonomi dibandingkan tahun sebelumnya.

Pada 2022, BPS Kalimantan Timur mencatat kinerja ekonomi sebesar 4,48 persen. Angkanya naik signifikan pada 2023. Bahkan pertumbuhan ekonomi Kalimantan Timur saat itu melampaui rata-rata nasional.

”Ini merupakan hal positif karena kita di atas rata-rata nasional 5,05 pesen,” kata Yusniar. Pembangunan IKN juga berefek positif pada  Tingkat Penghunian Kamar (TPK) Hotel di Kalimantan Timur. BPS Kalimantan Timur mencatat pada Agustus 2024 Kalimantan Timur ada di urutan dua.

BACA JUGA: Tampil di FinExpo 2024, Bank Neo Commerce Ajak Warga Kaltim Kenali Bank Digital (disway.id)

Yusniar mengungkapkan bahwa Kalimantan Timur hanya kalah dari Bali yang TPK Hotel-nya berada di urutan pertama pada Agustus 2024. Menurut dia, kondisi tersebut menunjukkan bahwa ada kemajuan signifikan di Kalimantan Timur setelah pemerintah menggalakkan pembangunan IKN.

”Tingkat Hunian Kamar Hotel catatan kami pada Agustus 2024 mencapai  67 persen, meningkat sekitar delapan persen dari tahun sebelumnya,” kata dia.

Keterangan yang disampaikan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Timur dan BPS Kalimantan Timur menegaskan keterangan yang sudah disampaikan oleh Presiden Joko Widodo.

”Coba cek di BI (Bank Indonesia) Kalimantan Timur, pertumbuhan ekonomi pada kuartal pertama berapa persen, kuartal kedua berapa persen. Artinya pembangunan sudah berdampak kepada wilayah sekitar. Terakhir setahun saya di atas tujuh persen,” kata Presiden Jokowi dalam kunjungannya di IKNbaru-baru ini. (*)

Kategori :