Hobi Mancing untuk Pemula (Bagian 1): Ragam Jenis Rel Pancing dan Kegunaannya

Minggu 06-10-2024,12:00 WIB
Reporter : Hariadi
Editor : Hariadi

BACA JUGA: Dari Mana Asal Muasal Bahasa Slang Gen Alpha seperti Skibidi, Gyat hingga Fanum Tax, Apa Artinya?

Rel fly fishing berbeda dari rel lainnya karena penggunaannya lebih menitikberatkan pada keterampilan melempar tali pancing. 

Pemancing harus menarik tali secara manual, sehingga membutuhkan keahlian khusus. 

Meski terkesan rumit, fly fishing memberikan kepuasan tersendiri, terutama bagi para pemancing yang ingin menantang diri mereka sendiri.

Harga re fly fishing yang beredar di Indonesia umumnya masih sangat mahal, karena masih diimpor dalam jumlah terbatas dari luar negeri akibat penggunanya yang masih terbatas. 

BACA JUGA: Ternyata Liburan Bareng Anak Juga Bisa Tetap Produktif


Rel trolling dirancang untuk menangkap ikan ukuran monster.-(Foto/ Istimewa)-

5. Rel Trolling

Rel trolling digunakan untuk teknik memancing yang dilakukan dari kapal yang bergerak. 

Teknik ini sering digunakan di laut untuk menangkap ikan-ikan besar seperti tuna, marlin, atau barracuda. 

Rel trolling memiliki kapasitas tali yang lebih besar dan dilengkapi dengan sistem drag yang kuat untuk menahan perlawanan ikan besar.

Jenis rel ini mungkin tidak diperlukan bagi pemancing pemula, tetapi jika kamu sudah berencana untuk memancing di laut dalam, rel trolling bisa menjadi investasi yang baik.

BACA JUGA: Studi: Konsumsi Garam Berlebih Dapat Memperburuk Kondisi Eksim


Reel jigging dirancang untuk menangkap ikan di kedalaman.-(Foto/ Istimewa)-

6. Rel Jigging

Rel jigging adalah jenis rel yang mirip dengan rel trolling, tetapi ukurannya lebih kecil dan lebih ringan.  Rel ini digunakan untuk teknik jigging, di mana umpan buatan (jig) dilemparkan dan ditarik kembali secara cepat dari dasar laut. 

Teknik ini efektif untuk menangkap ikan predator di laut dalam seperti kakap, kerapu, atau GT (Giant Trevally).

Kapasitas tali pancing pada rel jigging biasanya berkisar antara 3000 hingga 8000, yang cukup untuk menangani ikan besar tetapi masih mudah dibawa dan dioperasikan. 

Rel ini ideal bagi pemancing yang menginginkan kombinasi kekuatan dan kelincahan dalam menangkap ikan di laut dalam tanpa beban berat seperti rel trolling.

Rel jigging menawarkan keseruan tersendiri karena melibatkan gerakan aktif dari pemancing. Dengan ukuran yang lebih ringan dibandingkan rel trolling, rel ini memungkinkan pemancing untuk lebih fleksibel dan nyaman saat memancing di laut dalam.

Kategori :