Hobi Mancing untuk Pemula (Bagian 1): Ragam Jenis Rel Pancing dan Kegunaannya

Minggu 06-10-2024,12:00 WIB
Reporter : Hariadi
Editor : Hariadi

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM – Memancing kini menjadi salah satu hobi yang semakin diminati banyak orang. Aktivitas ini bukan hanya soal menangkap ikan, tetapi juga menjadi sarana relaksasi dan rekreasi di alam bebas. 

Bagi Anda yang baru memulai hobi memancing, memilih peralatan yang tepat adalah langkah penting, terutama saat memilih jenis rel atau reel yang sesuai dengan kebutuhan.

Rel memancing adalah bagian penting dari alat pancing yang membantu melemparkan umpan, menarik ikan, hingga mengontrol pergerakan tali pancing. 

Ada berbagai jenis rel memancing yang tersedia di pasaran, masing-masing memiliki fungsi dan karakteristik khusus. 

BACA JUGA: Sehat Mana Gula Pasir dan Gula Batu? Kenali Pemanis Alternatif Pengganti Gula

Berikut ini beberapa jenis rel memancing yang perlu kamu ketahui, terutama jika kamu baru mulai hobi ini.


Rel spinning paling umum digunakan oleh para pemula.-(Foto/ Istimewa)-

1. Rel Spinning

Rel spinning adalah salah satu jenis rel yang paling umum digunakan, terutama bagi para pemula. Rel ini cocok digunakan untuk memancing di perairan tawar maupun laut. 

Salah satu kelebihan rel spinning adalah kemudahannya dalam digunakan. Kamu hanya perlu membuka bail arm untuk melempar umpan, kemudian menutupnya kembali saat siap untuk menarik.

Rel spinning cocok untuk menangkap ikan berukuran kecil hingga sedang. Bagi pemancing pemula yang ingin memulai dengan hobi yang tidak terlalu rumit, rel spinning adalah pilihan yang tepat. 

Selain itu, rel ini tersedia dalam berbagai ukuran spool, mulai dari kapasitas 500 untuk micro fishing hingga kapasitas 12.000. 

BACA JUGA: Jangan Anggap Remeh, Kekurangan Energi Punya Dampak Buruk Bagi Keseharian Kita


Rel baitcasting menawarkan akurasi lemparan umpan, namun memerlukan keterampilan dalam menggunakannya.-(Foto/ Istimewa)-

2. Rel Baitcasting

Bagi kamu yang sudah mulai lebih serius dengan hobi memancing, rel baitcasting adalah pilihan yang bisa dipertimbangkan. 

Rel jenis ini menawarkan presisi dan kontrol yang lebih baik dibandingkan dengan rel spinning. 

Namun, karena cara penggunaannya yang lebih kompleks, rel baitcasting lebih disarankan untuk pemancing yang sudah berpengalaman.

Kategori :