Liliansyah Keluar Daerah, Penetapan Ketua DPRD Berau Definitif Tertunda

Jumat 04-10-2024,21:29 WIB
Reporter : Rizal
Editor : Baharunsyah

BERAU, NOMORSATUKALTIM – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Berau hingga kini belum memiliki unsur pimpinan definitif untuk periode 2024-2029.

Meskipun pada 30 September 2024 lalu, mayoritas anggota legislatif sudah melakukan rapat internal dalam menetapkan unsur pimpinan tetap.

Sekretaris DPRD Berau, Abdurrahman, menyebut penetapan Ketua DPRD Berau definitif tertunda karena tidak dihadiri ketua sementara, yakni Liliansyah.

BACA JUGA:Jabatan Kepala Diskan dan Kepala Disperkim Berau Baru Terisi Tahun Depan

"Nanti minggu depan dirapatkan lagi," kata Abdurrahman, Jumat (4/10/2024).

Ia menjelaskan alasan yang membuat belum ditetapkannya pimpinan definitif, karena saat rapat berlangsung pada 30 September lalu, Liliansyah sedang berada di luar daerah.

Sementara yang memimpin rapat saat itu adalah Wakil Ketua Sementara, Elita. Posisi Elita pun tidak bisa menetapkan karena tetap harus menunggu penetapan dari ketua DPRD sementara yakni Liliansyah, atau Haji Lili.

Dalam menetapkan pimpinan definitif diperlukan tanda tangan dari ketua sementara. Untuk itu, pekan depan kemungkinan akan dirapatkan lagi terkait usulan penetapannya.

"Bagaimana pun, Ketua DRPD Berau Definitif harus segera ditetapkan, agar selanjutnya anggota legislatif dapat menyusun Alat Kelengkapan Dewan (AKD), untuk menjalankan tugas pokok dan fungsinya (tupoksi)," ujarnya.

BACA JUGA:Pemkab Berau Tingkatkan Kompetensi ASN di Bidang Pertanahan Dengan Pelatihan

BACA JUGA:Lowongan PPPK Telah Dibuka, Ada 1.990 Formasi, Cek Syarat dan Jadwalnya !

Diketahui, ada 3 nama unsur pimpinan yang diusulkan. Diantaranya adalah Dedy Okto Nooryanto, sebagai Ketua DPRD Berau Definitif. Subroto, sebagai Wakil Ketua I DPRD Berau dan Sumadi, sebagai Wakil Ketua II DPRD Berau.

“Insyaallah, minggu depan sudah dirapatkan lagi. Tinggal menunggu kehadiran ketua sementara saja,” ucapnya.

Terkait penandatangan yang dilakukan anggota DPRD Berau yang hadir dalam rapat tersebut, guna mendesak Wakil Ketua Sementara, Elita, untuk menandatangani penetapan  pimpinan definitif.

Abdurahman mengungkapkan, tanda tangan tersebut sifatnya hanya rapat hasil kesepakatan rapat saja.

Kategori :