Jelang Event Hudoq Pekayang, Ketersediaan Jaringan Internet di Long Isun Aman

Jumat 04-10-2024,20:50 WIB
Reporter : Teodorus Usman Wanto
Editor : Baharunsyah

MAHULU, NOMORSATUKALTIM – Pemerintah Kecamatan Long Pahangai pastikan kesiapan pelaksanaan event Hudoq Pekayang aman dan lancar. Kegiatan berlangsung pada 19-22 Oktober 2024, di Kampung Long Isun, Kecamatan Long Pahangai.

Kesiapan itu mencakup ketersediaan air minum bersih, jaringan listrik hingga ketersediaan jaringan telekomunikasi.

Sebelum pelaksanaan event, segala sesuatunya terus dipersiapkan. Baik oleh pemerintah kabupaten, hingga pemerintah kecamatan dan kampung/desa setempat.

BACA JUGA:Long Lunuk dan Long Pahangai jadi Opsi Tempat Pembangunan SMK Negeri di Mahulu

BACA JUGA:Wakapolres Mahulu: Kasus Kekerasan Seksual di Mahulu Seperti Gunung Es

Camat Kecamatan Long Pahangai, Petrus Ding menegaskan segala kendala yang terjadi selama ini telah ditangani. Terutama ketersediaan air bersih, jaringan telekomunikasi dan listrik.

Untuk ketersediaan air bersih di kampung tersebut pun dipastikan tercukupi bagi sekitar 2.000 pengunjung yang akan hadir pada event Hudoq Pekayang.

Bahkan, ia mengaku telah mengecek langsung di beberapa kampung yang ada termasuk di Kampung Long Isun.

“Saat Hudoq Pekayang nanti ketersediaan air bersihnya cukup. Saya sudah cek. Enam kampung yang ada sudah tersedia listrik. Kecuali di pusat ibu kota kecamatan Long Pahangai saja yang belum ada air bersih. Desa lain sudah ada air, termasuk Long Isun," kata Petrus Ding, Jumat (4/20/2024).  

Sementara untuk jalur transportasi menuju Long Isun, masyarakat masih aktif menggunakan jalur Sungai Mahakam menggunakan speed boat, ketinting atau kapal loang boat.

BACA JUGA:Tarik Minat Wisatawan, Pemkab Mahulu akan Gelar Hudoq Pekayang

BACA JUGA:Jalan Sehat Bawaslu Mahulu Ramai, Peserta Kompak Pakai Baju “Tolak Politik Uang”

Adapun akses jalur darat namun masih berupa jalan tanah x sehingga saat kondisi cuaca hujan, jalan tersebut tidak bisa dilewati.

"Kalau jalur daratnya kadang bagus. Karena kondisi cuaca di Mahulu susah diprediksi. Mudahan nanti kemarau biar bisa aja lewat jalur darat," harap Petrus.

Sebagai informasi, Kecamatan Long Pahangai memiliki 13 kampung/desa yang terbentang sepanjang induk Sungai Mahakam. 

Kategori :