Profil Singkat Sultan B. Najamudin Ketua DPD RI Saat Ini

Rabu 02-10-2024,14:37 WIB
Reporter : Tri Romadhani
Editor : Tri Romadhani

NOMORSATUKALTIM - Sultan Bachtiar Najamudin, seorang senator yang mewakili Bengkulu, secara resmi terpilih sebagai Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) untuk periode 2024-2029.

Ia menggantikan AA LaNyalla Mahmud Mattalitti yang mejabat sebagai Ketua DPD RI pada periode sebelumnya.

Sultan Najamudin sebelumnya mejabat sebagai Wakil Ketua III DPD RI pada periode 2019-2024, melanjutkan karir politiknya dengan mendapatkan kepercayaan dari mayoritas anggota DPD untuk memimpin lembaga tersebut selama lima tahun ke depan.

Pemilihan dan pengesahan Sultan sebagai Ketua DPD RI dilakukan sesaat setelah pelantikan anggota DPD di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, pada Rabu, 2 Oktober 2024.

Rapat tersebut dipimpin oleh pimpinan sementara DPD, yakni Ismeth Abdullah sebagai anggota DPD tertua dan Larasati Moriska sebagai anggota termuda.

BACA JUGA : 15 Tahun PT Migas Mandiri Pratama (MMP), Setor PAD Rp600 Miliar Lebih, Pajak Tembus Rp1,5 Triliun

Proses pemilihan ketua DPD RI ini dimulai pada Selasa, 1 Oktober 2024 pukul 19.30 WIB dan berakhir pada Rabu dini hari, 2 Oktober 2024 pukul 01.52 WIB.

Pemilihan dilakukan dengan sistem paket pimpinan, di mana satu paket terdiri dari empat anggota DPD yang mewakili berbagai sub wilayah di Indonesia.

Pemungutan suara dilakukan oleh 151 dari total 152 anggota DPD RI yang menggunakan hak pilih mereka.

Pemilihan ini berlangsung di Gedung Nusantara V, Komplek Parlemen Senayan, Jakarta.

Sultan Najamudin berhasil terpilih dengan perolehan suara terbanyak, yakni 95 suara, mengungguli pesaingnya AA LaNyalla Mahmud Mattalitti yang memperoleh 56 suara.

Dalam paket pimpinan yang diajukan, Sultan diusung sebagai Ketua DPD RI mewakili Sub Wilayah Barat I.

Ia didampingi oleh GKR Hemas, senator dari Daerah Istimewa Yogyakarta yang mewakili Sub Wilayah Barat II, Yorrys Raweyai, senator asal Papua mewakili Sub Wilayah Timur II, serta Tamsil Linrung, senator dari Sulawesi Selatan mewakili Sub Wilayah Timur I.

BACA JUGA : Oknum Polisi Diduga Aniaya Mantan Pacar, Polda Kaltim Selidiki Bukti Video hingga Keterangan Saksi

Dengan hasil voting tersebut, Sultan ditetapkan sebagai Ketua DPD RI, sementara GKR Hemas, Yorrys Raweyai, dan Tamsil Linrung masing-masing terpilih sebagai Wakil Ketua I, Wakil Ketua II, dan Wakil Ketua III DPD RI.

Kategori :