Disporapar Dongkrak Pariwisata Kreatif Lewat Balikpapan Fest 2024

Selasa 24-09-2024,19:08 WIB
Reporter : Chandra
Editor : Baharunsyah

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM – Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Balikpapan berupaya mendongkrak pariwisata kreatif serta mendukung pengembangan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Salah satunya menggalakkan program Kharisma Event Nusantara (KEN) yang di dalamnya menyajikan acara tahunan yakni Balikpapan Fest 2024.

Kepala Disporapar Balikpapan, Ratih Kusuma mengatakan bahwa pada Balikpapan Fest 2024 ini juga bertujuan untuk mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif yang ada di Balikpapan, serta menampilkan keragaman budaya lokal.

Ia menyebut, Balikpapan Fest 2024 ini akan mengusung tema “Nusantara Kreatif”, yang menyoroti kolaborasi keragaman budaya daerah di Kota Balikpapan.

BACA JUGA:Resmi! KPU Balikpapan Tetapkan Nomor Urut 3 Paslon pada Pilkada 2024

BACA JUGA:Ormas Tolak Holywings Dibangun di Balikpapan, Pemkot: Bisa Saja Asal…..

"Tema 'Nusantara Kreatif' kami pilih untuk menggabungkan keragaman budaya yang ada di Kota Balikpapan menjadi satu kesatuan yang harmonis. Kami berharap ini dapat meningkatkan sektor pariwisata kreatif dan memajukan Ibu Kota Nusantara," ujarnya dalam konferensi pers.

Balikpapan Fest 2024 akan berlangsung selama empat hari, mulai tanggal 26 hingga 29 September 2024, bertempat di BSCC Dome.

Acara ini juga terbuka untuk umum dan gratis sehingga semua lapisan masyarakat bisa turut serta dalam kemeriahan festival ini. Ratih Kusuma juga mengungkapkan bahwa tahun ini festival menargetkan 20 ribu pengunjung dengan proyeksi pendapatan mencapai Rp 4 miliar.

Adapun untuk tahun lalu, jumlah pengunjung mencapai 17 ribu orang dan kali ini Disporapar optimistis dapat melampaui angka tersebut.

BACA JUGA:LBH Sikap Balikpapan Kritik Rencana Kenaikan Dana Operasional RT di Masa Pilkada 2024

BACA JUGA:Cerita Iptu Imam Jayadi, Dari Atlet Berprestasi Hingga Wasit Judo Nasional

"Kami optimistis target ini akan tercapai. Dengan dukungan seluruh masyarakat, kami yakin Balikpapan Fest 2024 akan sukses besar. Kami juga mengundang para pengunjung untuk hadir di acara ini dan menikmati berbagai kegiatan yang kami sajikan," tambah Ratih.

Acara ini tidak hanya menghibur, tetapi juga memberikan ruang kreatif bagi para pelaku industri, seni budaya, dan olahraga tradisional untuk berkreasi. Festival ini pun menghadirkan 98 tenant yang menawarkan berbagai produk kreatif lokal.

"Pelaku industri kreatif dapat berpartisipasi melalui tenant-tenant yang ada di kegiatan ini," tambah Ratih.

Kategori :