Hati-Hati Cuaca Kaltim Bakal Ekstrem Sepekan ke Depan

Senin 06-01-2020,13:58 WIB
Reporter : Devi Alamsyah
Editor : Devi Alamsyah

Balikpapan, DiswayKaltim.com - Hasil analisis kondisi dinamika atmosfer terkini, menunjukkan masih adanya potensi hujan lebat di beberapa wilayah di Indonesia sepekan ke depan. Kaltim masuk dalam wilayah yang terdampak dari kondisi cuaca ekstrim tersebut.

Deputi Bidang Meteorologi Pusat R.Mulyono Prabowo, melalui Kepala BMKG Kota Balikpapan, Ibnu Sulistiono mengatakan, berkurangnya pola tekanan rendah di Belahan Bumi Utara (BBU) dan meningkatnya pola Tekanan Rendah di wilayah Belahan Bumi Selatan (BBS), mengindikasikan terjadinya peningkatan aktifitas Monsun Asia yang dapat menyebabkan penambahan massa udara basah di wilayah Indonesia.

Meningkatnya pola tekanan rendah di BBS itu atau di sekitar Australia, dapat membentuk pola konvergensi (pertemuan massa udara) dan belokan angin menjadi signifikan. Dampaknya, akan terjadi peningkatan pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia, terutama di bagian selatan ekuator.

"Kondisi yang kemarin sudah terjadi itu, peluang terjadi kembali di Kalimantan Timur. Di Balikpapan khususnya masih bisa terjadi lagi. Bahkan intensitasnya lebih," ujar Ibnu Sulistiono, Minggu (5/1/2020).

Sementara itu, berdasarkan model prediksi, aktifitas Madden Julian Oscillation (MJO) fase basah, diprediksikan mulai aktif di sekitar wilayah Indonesia selama periode sepekan ke depan. Kondisi ini tentunya dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan cukup signifikan di wilayah Indonesia.

"Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memperkirakan dalam periode sepekan ke depan potensi cuaca ekstrem dan curah hujan dengan intensitas lebat yang disertai kilat atau petir dan angin kencang berpotensi terjadi di beberapa wilayah," jelasnya.

Pun begitu dengan potensi ketinggian gelombang laut di wilayah Indonesia hingga mencapai lebih dari 2.5 meter. Oleh sebab itu, masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan, seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin. Dan khusus yang tinggal di pesisir pantai harus waspada dengan gelombang tinggi. (Bom/dah)

Periode 05 – 08 Januari 2020

Cuaca Ekstrem Diperkirakan Terjadi di:

1. Aceh

2. Sumatera Utara

3. Sumatera Barat

4. Riau

5. Kepulauan Riau

6. Jambi

7. Bengkulu

8. Bangka Belitung

9. Sumatera Selatan

10. Lampung

11. Banten

12. DKI Jakarta

13. Jawa Barat

14. Jawa Tengah

15. DI Yogyakarta

16. Jawa Timur

17. Bali

18. NTB

19. NTT

20. Kalimantan Barat

21. Kalimantan Tengah

22. Kalimantan Utara

23. Kalimantan Timur

24. Kalimantan Selatan

25. Gorontalo

26. Sulawesi Utara

27. Sulawesi Tengah

28. Sulawesi Tenggara

29. Sulawesi Selatan

30. Maluku

31. Maluku Utara

32. Papua Barat

33. Papua

Tags :
Kategori :

Terkait