Hasil Survei Calon Wali Kota Samarinda, Elektabilitas Andi Harun di Atas 80 Persen

Senin 05-08-2024,17:23 WIB
Reporter : Baharunsyah
Editor : Baharunsyah

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM - Lembaga survei dan konsultan politik, SeMAR’T POLITICA merilis survei terbaru elektabilitas calon terkuat kandidat wali kota dan wakil wali kota Samarinda. Andi Harun masih menempati elektabilitas tertinggi.  

Direktur SeMAR’T POLITICA Gery Mohammad Iqbal menuturkan, survei tersebut dilakukan pada 21 hingga 29 Juli 2024. Dengan menyasar seluruh warga negara di Kota Samarinda, yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah.

Gery menegaskan, penarikan sampel dilakukan dengan motode Multistage random sampling. Dengan jumlah sampel 440 responden, dan margin of error sekitar 4,8 persen, dimana setiap individu dalam populasi memiliki peluang yang sama untuk terpilih. Metode pengambilan data dilakukan melalui wawancara tatap muka, dengan responden menggunakan instrumen berupa kuesioner.

BACA JUGA:Siapa yang Akan Dampingi Andi Harun? (2): Daniel Yuniar Mahendra Usung Ide Big Data

Hasilnya, dari 7 nama calon wali kota Samarinda yang ditanyakan kepada responden, didapat 4  calon terkuat kandidat wali kota. Yaitu Andi Harun 86,4 persen, Barkati 2,7 persen, Rusmadi 1,8 persen dan Agus Tri Sutanto 1,6 persen.

“Adanya nama Andi Harun pada posisi teratas diperkirakan karena posisinya sebagai petahana. Barkati diperkirakan karena merupakan calon wali kota pada pilkada sebelumnya,” sebut Gery dalam pres rilisnya, Senin 5 Agustus 2024.  

BACA JUGA:Andi Harun Pastikan Teras Samarinda Rampung di Akhir Juli 2024

Sedangkan Rusmadi diperkirakan karena kedudukannya sebagai petahana Wakil Wali Kota Samarinda saat ini. Yang mengejutkan terjadi pada posisi keempat, yaitu munculnya nama Agus Tri Sutanto, nama yang baru muncul belakangan ini. Ia adalah calon yang yang berasal dari ASN atau birokrat, dan merupakan jajaran pengurus organisasi keagamaan besar di Indonesia. Dari hasil tersebut menurut Gery, elektabilitas petahana Andi Harun sebagai calon Wali Kota Samarinda belum tertandingi, dengan angka survei terbaru di atas 80 persen. 

Sedangkan dari 10 nama yang ditanyakan kepada responden, 4 calon termasuk terkuat untuk kandidat wakil wali kota. Mereka adalah Rusmadi 20,5 persen, Barkati 15,7 persen, Agus Tri Sutanto 10,9 persen dan Sarwono 6,8 persen.

Nama Barkati berada pada urutan pertama diperkirakan karena merupakan calon wali kota pada Pilkada sebelumnya. Rusmadi diperkirakan karena kedudukannya sebagai petahana Wakil Wali Kota saat ini, Agus Tri Sutanto sebagai calon yang berasal dari ASN / Birokrat, dan kemudian Sarwono sebagai calon Wakil Wali Kota pada Pilkada sebelumnya. 

BACA JUGA:Siapa yang Akan Dampingi Andi Harun? (1): Agus Tri Ingin Wujudkan Kota Satelit

Hal mengejutkan terjdi pula pada posisi ketiga calon wakil wali kota. Yaitu munculnya nama Agus Tri Sutanto yang merupakan nama baru. 

Dari data survei elektabiltas terhadap 10 orang calon wakil wali kota, urutan dari tertinggi hingga terendah meliputi: Rusmadi 20,5 persen, Barkati 15,7 persen, Agus Tri Sutanto, 10,9 persen, Sarwono 6,8 persen, Subandi 5,7 persen, Darlis 5,5 persen, Zairin Zain 3,6 persen, Saefuddin Zuhri 3,5 persen, Safaruddin 2,5 persen, Nindya Listiono 0,9 persen, lain-lain (Belum menjawab, rahasia, tidak tahu, tidak jawab) 24,7 persen.

“Dari hasil survei dengan perolehan angka elektabilitas tidak terpaut jauh dan adanya responden yang belum memilih 24,7 persen, maka untuk posisi Calon Wakil Wali Kota masih sangat dinamis,” tambah Gery.

Beberapa simulasi nama juga diajukan kepada responden. 

Kategori :