Sekkab Berau Muhammad Said Imbau ASN dan Masyarakat untuk Taat Bayar Pajak

Rabu 17-07-2024,22:45 WIB
Reporter : Sahruddin
Editor : Tri Romadhani

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Sebagai upaya untuk mewujudkan optimalisasi pendapatan daerah, Sekretaris Kabupaten Berau, Muhammad Said mengimbau seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk taat membayar pajak kendaraan dinas.

Menurutnya, hal ini penting, mengingat penerimaan pajak sebagai salah satu sumber penunjang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang digunakan pemerintah dalam menjalankan roda pembangunan.

“Di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau, banyak pengadaan mobil dinas dan sepeda motor, jangan sampai kendaraan pemerintah pun tidak taat bayar pajak,” ujarnya, Rabu (17/7/2024).

BACA JUGA : Antisipasi Hoax dalam Pilkada 2024, Bawaslu Balikpapan Gelar Sosialisasi

Dikatakannya, pajak bukan hanya tanggungjawab individual, namun fondasi bagi pembangunan yang berkelanjutan.

Pasalnya, kontribusi ASN maupun masyarakat yang taat membayar pajak berperan penting dalam pembangunan fasilitas publik, infrastruktur, bahkan memperkuat ekonomi lokal.

"Inshaallah kedepan kita akan membuat surat edaran dan berharap kepada OPD jangan sampai kendaraan tersebut dari sisi surat-suratnya mati,” ucapnya.

BACA JUGA : KPU Berau Terus Proses Data Pemilih Sementara, Progres Coklit Sudah Mencpai 86 Persen

Kemudian, Said mengimbau kepada seluruh OPD dapat menjaga dan merawat kendaraan dinas yang telah diberikan.

Kemudian, pihaknya juga akan membuat surat edaran kepada semua dinas, kecamatan, kelurahan hingga kampung, agar segera membayar pajak kendaraan yang masih menunggak.

"Bahkan di beberapa tempat ada kendaraan dinas yang tidak dilengkapi dengan surat-surat dan tidak membayar pajak," bebernya.

BACA JUGA : Pemkab Berau Berupaya Tingkatkan Pengelolaan Kearsipan Daerah

Untuk itu, dirinya berharap para ASN di Kabupaten Berau dapat menjadi contoh kepada masyarakat untuk taat membayar pajak kendaraan.

"Sebagai ASN seharusnya kita lebih patuh terhadap pembayaran pajak, dan dapat menjadi contoh kepada masyarakat, bukan sebaliknya,'' pungkasnya.

Kategori :