Tekan Peredaran Narkoba Hingga ke Masyarkat, BNN Balikpapan Bentuk Program Kelurahan Bersinar

Minggu 07-07-2024,16:05 WIB
Reporter : Chandra
Editor : Baharunsyah

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Balikpapan mengintensifkan program rehabilitasi dengan mengusung ‘Kelurahan Bersinar‘, sebagai upaya menekan peredaran narkoba. 

Kepala BNN Balikpapan, Risnoto, menyatakan program tahun ini fokus pada kelurahan melalui program Kelurahan Bersinar.

“Itu sudah ada 8 kelurahan bersinar, setiap tahun bertahap itu, setiap tahun nanti ada 20 kelurahan untuk kita programkan Kelurahan Bersinar,” ujar Risnoto kepada Nomorsatukaltim.

BACA JUGA:Akibat Cuaca Buruk, Lagi-Lagi Penerbangan Tujuan Samarinda Dialihkan ke Balikpapan

Ia mengatakan bahwa fokus nasional ini bertujuan untuk mendorong masyarakat yang telah terpapar narkoba, agar berani melapor dan menjalani rehabilitasi. 

BNN Kota Balikpapan pun telah membentuk Satgas (Satuan Tugas) di setiap Kelurahan Bersinar, untuk memberikan dukungan dan bantuan kepada masyarakat dalam proses pelaporan dan rehabilitasi. 

"Mau melapor kita sudah membentuk satgas-satgas di kelurahan itu supaya untuk memberikan membantu BNN supaya masyarakat itu mau melapor ke BNN lah gitu," jelas Risnoto.

Hingga saat ini, telah terbentuk 8 Kelurahan Bersinar di Balikpapan dan BNN terus bekerja sama dengan Pemerintah Kota untuk mempercepat pembentukan Kelurahan Bersinar di seluruh wilayah yang ada di Kaltim.

BNN bahkan sudah menggandeng Pemkot Balikpapan agar seluru kelurahan di Kota Beriman masukdalam kategori Kelurahan Bersinar tersebut.  Program ini tidak hanya berfokus pada rehabilitasi.

BACA JUGA:Akibat Cuaca Buruk, Lagi-Lagi Penerbangan Tujuan Samarinda Dialihkan ke Balikpapan

Ia mengungkapkan bahwa pihaknya juga memberikan bimbingan teknis kepada Satgas di setiap kelurahan, untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan mereka dalam menangani kasus narkoba di tingkat masyarakat. 

Selain itu, BNN Kota Balikpapan juga menyoroti pentingnya peran Balikpapan sebagai daerah penyangga dalam mencegah peredaran narkoba, terutama ke kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Risnoto juga mengingatkan masyarakat akan bahaya narkoba yang dapat menjadi sumber dari berbagai kejahatan. 

BACA JUGA:Dua Pengedar Narkoba Diringkus Polsek Balikpapan Barat dalam Dua Hari

"Kita sebagai daerah penyangga harus ketat menjaga semua itu, dari pemasok narkoba ke pekerja IKN, artinya distribusi barang-barang seperti itu jangan sampai masuk ke IKN.”

Kategori :