Inilah Destinasi Wisata di Mahulu yang Wajib Anda Kunjungi! Warga IKN Harus Tahu!

Sabtu 15-06-2024,08:00 WIB
Reporter : Teodorus Usman Wanto
Editor : Hariadi

 

Riam Panjang

Riam Panjang di Kecamatan Long Pahangai. Riam ini memiliki keindahan batu alam yang tentunya akan menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Begitu pula keunikan budaya dan adat istiadat masyarakat setempat. Dengan berbagai macam potensi itu, pastinya sangat pantas untuk ditawarkan kepada calon wisatawan.

 

Riam Udang

Destinasi wisata yang tak kalah menariknya juga yakni kawasan Riam Udang yang terletak di Kecamatan Long Bagun, Kabupaten Mahakam Ulu. 

Bagi setiap wisatawan yang ingin berkunjung ke Long Pahangai dan Long Apari, bisa dipastikan melewati Riam Udang dan Riam Panjang. Memasuki kawasan dua riam itu, para pengunjung disarankan untuk ekstra hati-hati. Kondisi arus Sungai Mahakam sangat deras, apalagi di kawasan tersebut juga banyak batu-batuan yang berukuran besar. Namun jangan terlalu takut, sebab motoris kapal yang membawa wisatawan melalui riam ini sudah terkenal handal melibas derasnya riam.

Di kawasan Riam Udang, pengunjung juga akan disuguhkan dengan eksotisme air terjun mini dari anak sungai yang membelah celah-celah perbukitan pinggiran Riam Udang.

BACA JUGA: Pulau Derawan Masuk 50 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2024


Pegunungan karst di Mahulu ini dikenal dengan nama Batu Dinding. Karena keindahannya, Batu Dinding sukses menarik banyak wisatawan.-(Disway Kaltim/ Iswanto)-

Air Terjun Kampung Nyerimbungan

Oleh masyarakat setempat, Air Terjun ini diberi nama NYARIBUNGAN NAHA. Air terjun ini terletak di Kampung Nyaribungan Kecamatan Laham, Kabupaten Mahakam Ulu.

 

Air Terjun Cinta

Air terjun ini terletak di daerah Sumalindo belakang Pamtas. Pengunjung hanya perlu berjalan jalan kaki 120 meter menuju sungai bernama Cinta ini. Janturnya pun disebut Jantur Cinta, yang maknanya Air Terjun Cinta. 

Air terjun ini juga menjadi sumber air bersih bagi warga sekitar seperti Kampung Sumalindo, Batu Sapi, dan Batu Majang, Kecamatan Long Bagun.

Kategori :