Bukti Berau Coal Peduli, Hadirkan Pengobatan Gratis untuk Masyarakat Sekitar

Jumat 29-12-2023,10:50 WIB
Reporter : Rizal Mahodtra
Editor : Tri Romadhani

BERAU, NOMORSATUKALTIM - PT Berau Coal menggelar kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis untuk masyarakat yang berada di sekitar Site Gurimbang Mine Operation (GMO), Kamis (28/12/2023).

 

Acara tersebut dilaksanakan dengan penuh antusias dan komitmen untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di wilayah operasional perusahaan.

 

Community Relation Manager PT Berau Coal, Muhammad Sulaiman mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM) PT Berau Coal yang bekerja sama dengan Puskesmas kecamatan Sambaliung.

 

Dalam kegiatan ini, mengundang tiga kampung, di antaranya Kampung Gurimbang, Tanjung Perangat dan Sukan. Dilanjutkan pada Jumat 29 Desember 2023 dilaksanakan di kampung Sei Bebanir Bangun.

 

“Jadi mungkin hari ini tidak sempat atau waktunya sudah kesorean, mungkin bisa menyusul besok yang akan adakan di kampung Sei Bebanir Bangun,” katanya.

 

Sulaiman berharap, kegiatan pemeriksaan dan pengobatan gratis bisa memberikan manfaat bagi masyarakat kampung. Pasalnya, kegiatan merupakan bentuk kolaborasi PT Berau Coal dengan Pemkab Berau, dalam hal ini pemerintah Kampung Gurimbang, Tanjung Perangat, Sukan Tengah dan Sei Bebanir Bangun.

 

Upaya yang dilakukan oleh PT Berau Coal ini, juga merupakan langkah proaktif perusahaan untuk mendukung Pemerintah Daerah khususnya dalam peningkatan kesehatan masyarakat dan mencegah jumlah orang yang sakit, mengingat saat ini sedang terjadi peningkatan jumlah orang yang dirawat di rumah sakit.

 

"Jadi yang pagi ini belum mendapatkan informasi bisa disampaikan melalui keluarga-keluarga terdekat. Bagi mereka yang ingin melakukan pengobatan gratis bisa kita laksanakan pada pagi hari ini dan insyaallah waktunya tidak terbatas karena kami mendatangkan 2 tim medis yang akan melakukan pelayanan dalam pengobatan gratis hari ini," bebernya.

 

Selain itu, dirinya mengharapkan jika nanti ada masukan atau mungkin ada kondisi tertentu. terkait dengan kesehatan, nanti dapat disampaikan dan kemudian dilakukan pengobatan.

 

"Misal ke depan akan kembali dilakukan pengobatan selanjutnya. Kita coba untuk menginventarisir yang dilaksanakan hari ini. Kami dari PT Berau Coal menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang mengikuti kegiatan ini, semoga kegiatan ini dapat memberikan pelayanan kesehatan yang optimal untuk masyarakat sehingga dapat kembali sehat dan fit," tandasnya.

Sementara itu, Kepala K ampung Gurimbang Juliansyah, mengatakan, bahwa dirinya sangat mendukung kegiatan pengecekan kesehatan dan pengobatan gratis dari PT Berau Coal.

 

la juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada PT Berau Coal atas program-program seperti ini yang menurut dia, tujuannya sangat positif dan baik untuk menjaga kesehatan orang banyak.

 

"Jadi sangat saya apresiasi sekali atas kegiatan seperti ini," ucapnya.

 

la berharap, ke depan program-program seperti ini dapat dilanjutkan kembali dan jangan sampai terputus.

 

"Saya berharap kepada management PT Berau Coal agar bisa menjalin kerja sama dengan warga kampung Gurimbang bisa semakin inten dalam melakukan hal-hal yang positif, karena saya melihat memang program-program dari PT Berau Coal ini sangat bermanfaat sekali, salah satunya ini juga seperti gedung, masjid dan masih banyak lagi," harapnya.

 

Sementara, menurut warga sekitar, Mariana, Warga kampung Trans Gurimbang RT 05, mengungkapkan, dengan adanya program pengecekan kesehatan dan pengobatan gratis dari PT Berau Coal ini ia merasa sangat senang. Karena, menurut dia, kegiatan seperti ini dapat membantu sekali

 

"Kita itu kan kadang ada uang kadang juga tidak ada uang kalau ingin pergi periksa atau berobat ke dokter. Ya alhamdulillah dengan adanya program pengobatan gratis ini sangat membantu kami," ungkapnya.

 

Menurutnya, kegiatan tersebut sangat penting. Yang mana bagi masyarakat khususnya di kampung Gurimbang terlalu memikirkan kebutuhan hidup atau rumah dibandingkan dengan urusan kesehatannya sendiri.

 

"Kadang kan namanya kita banyak kebutuhan lain jadi untuk kesehatan nanti-nanti dulu. Yang penting kebutuhan rumah dulu, kalau ada seperti ini kan sangat membantu sekali. Jadi kita bisa berobat dengan gratis dan kita juga bisa mengetahui penyakit kita itu apa. Kami sebagai masyarakat khususnya kampung Gurimbang sangat berterima kasih kepada PT Berau Coal sudah mengadakan program seperti ini. Kami sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini,” tutupnya. 

Kategori :