DP3A Kukar Upayakan Pencegahan Kekerasan Anak dan Perempuan

Kamis 30-11-2023,18:00 WIB
Reporter : Sammy Laurens
Editor : Sammy Laurens

Tenggarong, Nomorsatukaltim.disway.id - Kekerasan terhadap anak dan perempuan menjadi masalah serius di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Dalam enam tahun terakhir, ada 656 kasus kekerasan yang menimpa anak dan perempuan sebagai korban.

Kekerasan seksual mendominasi jenis kekerasan yang terjadi, yaitu sebanyak 222 kasus. Selain itu, ada juga kekerasan fisik sebanyak 94 kasus, dan kekerasan psikis sebanyak 75 kasus.

Kasus-kasus kekerasan lainnya meliputi penelantaran, trafiking, eksploitasi, penculikan, anak berhadapan dengan hukum, dan sebagainya.

Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kukar telah melakukan langkah-langkah pencegahan kekerasan terhadap anak dan perempuan.

“Pencegahannya, kami lakukan imbauan tentang Surat Edaran (SE) Bupati kepada masyarakat secara masif,” kata Sekretaris DP3A Kukar, Hero Suprayetno, Kamis (30/11/2023).

DP3A Kukar juga menggalakan sosialisasi dan edukasi kepada remaja tentang bahaya kekerasan dan cara melindungi diri. Sosialisasi dan edukasi dilakukan melalui jejaring rumah ibadah dan sekolah.

“Kami bekerja sama dengan kepolisian, Dinas Kesehatan, dan Dinas Pendidikan untuk membuat sekolah ramah anak. Di sana, kami memberikan edukasi kepada anak-anak tentang hak-hak mereka dan cara melapor jika mengalami kekerasan,” ujarnya.

Hero menambahkan bahwa kekerasan terhadap anak dan perempuan dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah teknologi informasi. Ia mengatakan bahwa teknologi informasi dapat mempengaruhi gaya hidup dan interaksi sosial remaja.

“Komunikasi yang berawal dari lingkup kecil, namun karena adanya kemajuan teknologi mengakibatkan komunikasi terbuka secara luas, seperti melalui media sosial. Dengan komunikasi yang terbuka, ada remaja yang save control bagus, dan ada save control nya tidak bagus,” paparnya.

Ia berharap, dengan adanya sosialisasi dan edukasi, remaja dapat lebih bijak dalam menggunakan teknologi informasi dan lebih waspada terhadap potensi kekerasan. Ia juga mengimbau masyarakat untuk turut berperan aktif dalam mencegah dan melaporkan kekerasan terhadap anak dan perempuan.

“Ketika ada orang yang menyimpang, maka terjadilah hal-hal yang tidak diinginkan. Ini yang kita perkuat progresnya tahun ini,” tutupnya. (Adv)

Kategori :