Viral! Pengungsi Rohingya Mengamuk, Merusak Rusun di Sidoarjo

Sabtu 09-12-2023,09:34 WIB
Reporter : Hariyadi
Editor : Hariyadi

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Pengungsi Rohingya terus menerus menunjukkan aksi tak simpatiknya saat menjalani hidup di kamp penampungan di Indonesia.

Kali ini, imigran ilegal asal Myanmar tersebut merusak fasilitas Rumah Susun (Rusun) Taman, Sidoarjo, Jawa Timur, akibat pemadaman listrik yang berlangsung 24 jam di kawasan tersebut.

Melalui rekaman video yang viral di TikTok, terlihat kaca-kaca di rusun tersebut pecah. Selain itu, seisi rusun terlihat terhambur berantakan. Terlihat meja, kursi dan pot tanaman berserakan di lantai rusun tersebut.

"Rumah Susun Taman Sidoarjo dirusak pengungsi ROHINGYA," demikian judul video yang diunggah oleh akun @restoranpase di media sosial, dilihat redaksi Nomorsatukaltim, pada Sabtu (9/12/2023).

Tampak di dalam video tersebut, petugas memeriksa sejumlah ruangan yang berantakan.   

"Ini pengungsi lama-lama ngawur, kurang ajar ya. Lihat, hancur ini apartemen. Hancur semua, ngamuk pengungsi. Pengungsi di Sidoarjo mengamuk. Dihancurin semua," kata pria yang merekam suasana di rusun tersebut. 

Disebutkan, padamnya listrik di Rusun Taman Sidoarjo disebabkan insiden kebakaran Gudang PT Lazada di wilayah yang sama, pada Jumat 8 Desember 2023, pukul 01.25 WIB. 

Artinya, pemadaman berlangsung di seluruh kawasan, bukan hanya terjadi di rusun itu saja.

Persoalan pengungsi Rohingya di Indonesia belakangan ini terus menjadi sorotan di media sosial.

Banyak warga yang menolak kehadiran pengungsi asal Myanmar tersebut karena sudah mengetahui tabiat asli imigran gelap tersebut.

Hingga kini, sudah ada ribuan pengungsi Rohingya yang ditampung di Indonesia. Selain mendapatkan makanan dan tempat tinggal, mereka juga mendapatkan uang bulanan Rp1.250.000 untuk memenuhi kebutuhan hidup selama di pengungsian.

Namun, sayangnya sikap mereka selama tinggal di Indonesia membuat masyarakat geram. Mulai dari mengeluhkan jatah makanan, uang, hingga soal tempat tinggal.

Terbaru, mereka merusak fasilitas Rusun Taman Sidoarjo hanya gara-gara listrik padam. 

Bukan hanya itu, selama ini warga rusun mengeluhkan perilaku warga Rohingya yang suka membuang sampah sembarangan. Sampah berceceran dimana-mana. Padahal, selama ini mereka mendapatkan fasilitas layak huni di Rusun Taman Sidoarjo.   

 

Kategori :