Kebakaran Pom Mini di Samarinda Ternyata Dipicu Rokok

Minggu 03-12-2023,13:05 WIB
Editor : Hariyadi

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM - Kebakaran Pom Mini atau Pertamini di Jalan Wahid Hasyim II, Keluarahan Sempaja Selatan, Kota Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim), berlangsung pada Minggu siang (3/12/2023), sekira pukul 11.20 WITA.

Rokok disebut sebagai pemicu kebakaran yang berlangsung di seberang Perumahan Kayu Manis tersebut.

Data sementara, kebakaran ini menyebabkan satu ruko, tiga kios beserta isinya, 1 unit mobil dan 2 motor ludes dilalap si 'jago merah'. 

Salah satu petugas Damkar Samarinda, Teguh mengungkapkan, insiden kebakaran ini bermula saat pemilik kios sedang memindahkan bahan bakar minyak (BBM) dari tangki mobilnya.

Ironisnya, kata Teguh, Proses pemindahan bahan cair mudah terbakar tersebut dilakukan sambil merokok.

“Awal mula api dari meledaknya Pom Mini itu, disebabkan pengetapan sambil merokok,” ungkap Teguh kepada awak Nomorsatukaltim, di lokasi kejadian, Minggu (3/12/2023).

Percikan api dari rokok inilah yang memicu munculnya api dari selang yang digunakan untuk menyedot BBM jenis Pertalite dari tangki mobil.

Walhasil, api langsung berkobar membakar mobil sekaligus isi kios yang menjual bahan-bahan mudah terbakar, seperti BBM dan gas elpiji.

“Total ada satu ruko dengan 3 kios yang terbakar,” ucapnya.

Terpisah, Agung salah satu relawan juga ikut memadamkan api di lokasi tersebut, menjelaskan bahwa pemadaman membutuhkan waktu 1 jam lebih.

“Proses pemadaman membutuhkan waktu satu jam lebih,” jelasnya.

Sejumlah fire truk milik pemerintah dibantu swasta diturunkan ke lokasi kejadian untuk memadamkan api.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun kerugian material ditaksir menyentuh angka ratusan juta rupiah.

BACA JUGA: Sangat Berbahaya, Wali Kota Samarinda Bakal Tertibkan Pom Mini

Sebelumnya, kepanikan melanda warga di sekitar lokasi kebakaran yang berlangsung di Jl. Wahid Hasyim 2, Kelurahan Sempaja Selatan, Kota Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim), pada hari Minggu (3/12/2023).

Warga di yang tinggal di belakang ruko yang terbakar tersebut, berusaha menyelamatkan diri. Sebab, si jago merah mengamuk di sebuah pom mini yang terletak di depan Perumahan Kayu Manis, Kecamatan Samarinda Utara.

"Minta bantuan, bantuan, bantuan. Pom bensin sama tabung gas banyak di dalam ini. Unit tanki," demikian teriak relawan bancana mengabarkan kebakaran kepada Damkar Kota Samarinda.(mg1)

Kategori :