Pemkot Balikpapan Target Pembebasan Lahan Flyover Muara Rapak Rampung Tahun ini

Minggu 19-11-2023,10:00 WIB
Reporter : Suhardi
Editor : Hariyadi

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM – Rencana pembangunan Flyover Simpang Muara Rapak Balikpapan bakal terealisasi. Pembangunan jalan layang itu diperkirakan menelan anggaran sebesar Rp 500 miliar.

Hal ini disampaikan Sekertaris Daerah (Sekda) Balikpapan, Muhaimin, setelah mendampingi kunjungan kerja Komisi V DPR RI bersama Kementerian PUPR, di simpang Muara Rapak Kilometer Nol Balikpapan, pada Kamis (16/11/2023).

Pembangunan Flyover simpang Muara Rapak kembali menjadi pembahasan dalam kunjungan kerja tersebut.

Muhaimin menyebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan, mendapat porsi tugas menyelesaikan pembebasan lahan.

Luas pembebasan lahan yang akan dilakukan oleh Pemkot Balikpapan sekitar 1,5 hektare. Meliputi lahan milik masyarakat dan milik Pertamina.

"Tugas kami dari Pemkot Balikpapan adalah membebaskan lahan di sebelah kiri," kata Muhaimin melalui sambungan telepon, Sabtu (18/11/2023).

"Saat ini seluas 3 ribu meter persegi sudah berproses, dan kami harapkan mudahan bisa selesai di akhir tahun 2023 ini," sambung dia.

Saat kunjungan kerja Komisi V DPR RI bersama Kementrian PUPR, disampaikan bahwa kebutuhan anggaran untuk pekerjaan Flyover simpang Muara Rapak sebesar Rp 500 miliar.

Direktur Pembangunan Jalan Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Wida Nurfaida merinci, dari anggaran itu, Rp 300 miliar akan digunakan untuk pembebasan lahan. Sementara Rp 200 miliar sisanya, untuk pelaksanaan pembangunan Flyover.

"Ini tidak terlalu besar dan masih memungkinkan dibiayai pusat," ungkap Wida Nurfaida.

Wacana pembangunan Flyover simpang lampu merah Muara Rapak, pernah ramai menjadi topik pembahasan Pemkot Balikpapan.

Menyusul serangkaian kecelakaan lalu lintas yang sering terjadi di simpang lampu merah Muara Rapak, Balikpapan Utara itu.

Kecelakaan maut yang paling menyita perhatian dan ramai diberitakan media nasional kala itu terjadi Jumat, 21 Januari 2021 silam.

Tabrakan beruntun bermula dari truk tronton, menggilas belasan mobil dan sepeda motor saat berhenti di lampu lalu lintas. Dalam insiden maut itu, sedikitnya tercatat 5 orang meninggal dunia.

 

Kategori :