Pemkot Balikpapan Berencana Bangun Pemakaman Khusus Pejabat

Senin 13-11-2023,09:00 WIB
Editor : Hariyadi

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM – Komplek pemakaman khusus pejabat daerah bakal dibangun Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan melalui Dinas Sosial (Dinsos) menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2024.

Komplek pemakaman bernama Taman Makam Bahagia tersebut dibuat khusus untuk para pejabat daerah, baik dari unsur pemerintahan maupun dari instansi vertikal.

“Taman makam ini diperuntukkan bagi pejabat. Misalnya untuk pejabat Pemkot dan untuk keluarga besar TNI,” ujar Kepala Dinsos Kota Balikpapan, Edy Gunawan kepada awak media, belum lama ini.

Kata Edy, rencananya makam pejabat ini masih dalam kawasan Taman Makam Pahlawan Dharma Agung Balikpapan, tepatnya di sisi kanan belakang makampahlawan.

Taman Makam Pahlawan di Balikpapan, diketahui memiliki luas 500 meter persegi. Lahan ini nantinya  akan diperluas agar taman makam pejabat menjadi satu komplek dengan Taman Makam Pahlawan.

“Nah kawasan itu rencananya akan kami perluas dan rapikan,” ucapnya.

Tanpa menyebut berapa anggaran yang digunakan, Pemkot mengagendakan pembebasan lahan warga di sekitar lokasi pemakaman yang terletak di Jalan Marsma Iswahyudi, Balikpapan Selatan.

“Nanti rencananya ada sebagian lahan di sisi belakang yang akan dibebaskan Pemerintah Kota Balikpapan,” kata mantan Camat Balikpapan Tengah ini.

Edy melanjutkan,   saat ini Pemkot Balikpapan sedang melakukan proses pengamanan aset, dengan memasang pagar di kawasan yang akan dibangun Taman Makam Bahagia.

Pemkot tak mau lahan tersebut menjadi obyek sengketa dengan pihak tak bertanggung jawab. Sebab lahan tersebut merupakan lahan kosong.

Menurutnya, Taman Makam Pahlawan Dharma Agung Balikpapan bakal dilengkapi berbagai fasilitas pendukung, sesuai standar makam pahlawan pada umumnya.

“Paling tidak, ada tempat lahan untuk prosesi pemakaman. Jadi ada tempat upacara, ada perpustakaan seperti di Taman Makam Pahlawan Samarinda.

Komplek pemakaman ini juga memerlukan gudang untuk menyimpan barang-barang dan beberapa item lagi untuk memenuhi standar taman makam pahlawan yang layak.

“Anggaran untuk Taman Makam Bahagia sudah kami ajukan di APBD tahun 2024,” kata Edy.

 

Kategori :