3 Pesan Wapres saat Kunjungan Kerja di Kaltim

Selasa 24-10-2023,16:32 WIB
Editor : Hariyadi

Balikpapan, NOMORSATUKALTIM - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin memberi tiga pesan penting kepada para santri, dalam kunjungan kerja ke Balikpapan, Kalimantan Timur, pada Selasa (14/10/2023).

Pesan pertama, agar para santri tidak bergeser dari nawaitunya (niatnya), yakni selalu melakukan perbaikan. Sebagaimana sikap Nabi Muhammad SAW, santri harus mengambil langkah-langkah perbaikan, bukan kekuasaan.

"Langkah-langkah nabi itu adalah perbaikan, bukan kekuasaan," pesan Wapres Ma'ruf saat menghadiri Peringatan Hari Santri 2023 dan Silaturahmi Nasional (Silatnas) VII Kontak Santri Agribisnis Indonesia (Konsain) di Aula Pondok Pesantren Syaichona Cholil, Balikpapan.

Menurut Ma’ruf, kekuasaan adalah langkah Allah, bukan langkah manusia.

"Karena apa, karena kekuasaan itu langkah Allah. Jadi soal kekuasaan itu adalah langkah-langkah Tuhan, bukan kita. Maka lakukanlah langkah perubahan semampu kita," tegas Wapres.

Pesan kedua, Wapres meminta para santri selalu menjadi penjaga tanah air. Sebab cinta tanah air adalah bagian dari iman.

Wapres lalu mengulas sejarah perjuangan para santri dan ulama sejak era sebelum kemerdekaan hingga Indonesia merdeka.

"Fatwa jihad 22 Oktober 2045 adalah awal lahirnya Hari Pahlawan 10 November. Semangat jihad untuk mengusir penjajah," tegas Wapres.

Sebab itulah, santri harus mengawal NKRI. NKRI harga mati adalah konsesus nasional dan kesepakatan ini tidak boleh diciderai.

Pesan ketiga Wapres Ma'ruf Amin agar para santri harus bisa menjadi pemakmur bumi. “Santri harus bisa menjadi pemakmur bumi. Semua kegiatan ekonomi itu   kuncinya ilmu pengetahuan dan teknologi supaya bisa berkembang," sarannya.

"Alhamdulillah sekarang para santri sudah bergerak. Ini jawaban, bahwa santri tidak diam, tapi berusaha memakmurkan Indonesia. Ada santri sawit, ada santri singkong. Ini juga bagian dari menjaga tanah air. Hal ini penting, apalagi sekarang mulai krisis pangan," papar mantan ketua MUI Pusat itu.

Dia juga berdoa agar Konsain terus berkembang untuk memakmurkan bumi.

"Mari kita bangkitkan lagi santri sebagai pembawa perbaikan, penjaga tanah air dan pemakmur bumi," tandasnya.

Wapres juga berterima kasih kepada Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik yang sudah berjanji untuk memberi dukungan kepada para santri, ulama dan Konsain.

Acara juga dihadiri Ketua Umum PP Konsain KH Ali Cholil, Wali Kota Balikpapan dan Forkopimda Kaltim. Tampak mendampingi istri Wapres Hj Wury Ma'ruf Amin.

 

Kategori :