Ekowisata Wonosari Bakal Jadi Destinasi Wisata Baru di IKN

Sabtu 21-10-2023,11:00 WIB
Editor : Hariyadi

NOMORSATUKALTIM – Ekowisata berkonsep agrofestri bakal menjadi destinasi wisata baru bagi masyarakat Ibu Kota Nusantara (IKN), di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim).

Lokasinya berada di Desa Wonosari, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). Memanfaatkan kolam raksasa bekas tambang batu bara sebagai wahana jelajah air.

Melalui proyek ini, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) berharap lubang eks tambang bisa memberikan kontribusi terhadap perekonomian masyarakat setempat.

Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan KLHK, Sigit Reliantoro mengatakan, masyarakat di kawasan eks tambang biasanya terdampak secara ekonomi setelah perusahaan tambang berhenti beroperasi.

"Saat zaman tambang mereka jaya, kemudian tidak ada tambang mereka semua pergi. Ekowisata mengembalikan lagi ekonomi mereka," kata Sigit Reliantoro saat berkunjung ke PPU, Kaltim, pekan lalu.

Untuk diketahui, perusahaan tambang batu bara di wilayah itu mulai beroperasi tahun 2014 hingga 2019. Kemudian, yang tersisa kini adalah lubang berkedalaman sekitar empat meter dengan panjang sekitar 650 meter.
Lubang tambang inilah yang akan dikembangkan menjadi wahana jelajah air menggunakan perahu karet.

Sementara itu, keberadaan Goa Batu Tapak Raja di sekitar lokasi tersebut, diharapkan bisa menjadi nilai plus wahana jelajah air.

Goa Batu Tapak Raja menyimpan kisah panjang bagi masyarakat setempat. Goa itu saat zaman kerajaan menjadi lokasi pertapaan untuk memperdalam kemampuan supranatural.

Di sekeliling Gua Batu Tapak Raja terdapat 10 pohon beringin. Beberapa beringin tumbuh dengan akar-akar yang kokoh mencengkram dinding gua.

Konsep ekowisata di Desa Wonosari tersebut berupa wisata pemandangan alam, wisata seni budaya, wisata pertanian dan perkebunan, wisata olahraga lari lintas alam, hingga wisata kuliner.

Proyek itu turut didanai oleh sejumlah perusahaan melalui program tanggungjawab sosial (CSR).

Beberapa model wisata diterapkan menggunakan pendekatan pelestarian lingkungan, pengindahan kawasan, dan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat.

Sigit mengisahkan, dulu Presiden Joko Widodo meminta Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar untuk membuat beberapa alternatif tujuan wisata, saat mengetahui jika di sekitar IKN belum ada destinasi wisata.

Kategori :