Peringati Hari Pramuka, Kwarran Sangatta Utara Gelar Pawai Obor

Jumat 25-08-2023,23:46 WIB
Reporter : Disway Kaltim Group
Editor : Disway Kaltim Group

Kutim, nomorsatukaltim.com- Memeringati Hari Pramuka yang ke-62, Kwartir Ranting (Kwarran) Sangatta Utara menggelar pawai obor yang dipusatkan di Kantor Camat Sangatta Utara, Jumat (25/8/2023) malam.

Malam itu pawai obor diikuti 47 regu peserta dari siswa SD hingga SMA di Sangatta Utara. Mereka tampak antusias. Masing-masing regu menyiapkan arak-arakan obor yang telah dihias sedemikian rupa.

Bentuknya unik-unik. Ada yang mengemas dengan riasan burung garuda, kupu-kupu, pesawat tempur, kapal hingga burung enggang.

“Ini membuktikan betapa kreatifnya anak-anak pramuka yang ada di Sangatta Utara, antusiasnya juga luar biasa pada malam hari ini. Pesan saya nanti begitu dimulai pawainya, untuk terus jaga kekompakannya ade-ade selama di perjalanan,” kata Wakil Bupati Kasmidi Bulang yang memberikan sambutan sebelum pawai obor dilaksanakan.

Kasmidi memintan agar peserta selalu menjaga pandangan ke depan dan tetap fokus selama kegiatan pawai obor ini berlangsung.

Ia juga mengingatkan untuk para bina damping (bindam) serta tim medis yang bertugas agar memantau peserta pawai obor.

“Harus saling mengingatkan dan saling menjaga, jangan sampai nanti ada yang keluar dari jalur. Apalagi kita tahu bersama bahwa kita sedang memegang api, jadi mohon diperhatikan jangan sampai nanti ada temennya yang kena api tersebut,” imbuh Kasmidi.

Untuk diketahui, Wabup Kasmidi juga sebagai Wakil Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Pramuka Kutim.

Agenda yang rutin diadakan tiap tahun ini, diharapkan dapat digelar lebih meriah lagi di tahun-tahun yang akan datang.

“Nanti dalam perjalanan, silahkan nanti kalo ada yel-yel atau nyanyi-nyanyi bisa dinyanyikan. Karena itu bagian daripada kebersamaan, bagian dari identitas diri. Itu juga sebagai bukti bahwa kita orang pramuka, bahwa kita selalu ceria dan bahwa kita setiap ada kegiatan selalu membangun kebersamaan,” tambah Wabup Kasmidi.

Ketua Panitia Muhammad Chairul Reza selaku penyelenggara pawai obor ke-13 tahun 2023 ini, mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada para peserta yang ikut meramaikan kegiatan tersebut.

Chairul menjelaskan, peserta pawai obor terdiri dari peserta Penggalang SD sebanyak 24 regu. Terdiri dari 12 putra dan 12 putri. Kemudian penggalang SMP sebanyak 6 regu. Terdiri dari 3 regu putra dan 3 regu putri.

Pramuka Penegak sebanyak 17 sangga. Yakni 9 sangga putra dan 8 sangga putri.

“Jumlah keseluruhan sebanyak 26 pangkalan, 53 kompi dan 424 peserta yang masing-masing dihadiri oleh 2 bindam per pangkalan,” terangnya.

Rute pawai obor itu dibagi menjadi dua. Untuk Penggalang ambil start dari Kantor Camat Sangatta Utara - Jalan Cut Nyak Dien - Jalan Yos Sudarso 2 - Eramart Jalan Diponegoro - Jalan Apt Pranoto lalu finishnya di Gedung Stais lama (GSG Adat Besar Kutai).

Sementara Penegak, ambil start dari Kantor Camat Sangatta Utara - Jalan Cut Nyak Dien - Jalan Yos Sudarso 2 - Jalan Yos Sudarso 1 - Hotel Kutai Permai - Jalan Diponegoro - Jalan Apt Pranoto - lalu finishnya di Gedung Stais lama (GSG Adat Besar Kutai).

Tags :
Kategori :

Terkait