Oktober, Rumah Sakit Tipe D di Muara Bengkal Siap Beroperasi

Rabu 09-08-2023,18:26 WIB
Reporter : Disway Kaltim Group
Editor : Disway Kaltim Group

Kutim, nomorsatukaltim.com - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kutim Bahrani mengatakan Oktober mendatang rumah sakit tipe D di Kecamatan Muara Bengkal siap dioperasikan dan sudah bisa melayani masyarakat.

 "Iya, insyaAllah nanti bertepatan dengan hari ulang tahun Kabupaten kita (Kutim) yang ke 24," ujarnya, Jumat (9/8/2023) pagi.

Diketahui, rumah sakit selesai dibangun pada Januari 2021 lalu. Berdiri di atas lahan hibah seluas 2 hektare. Pembangunan rumah sakit itu menghabiskan anggaran sebesar Rp 29 miliar.  

Rumah sakit ini ini akan melayani di lima kecamatan, yakni Muara Bengkal, Muara Ancalong, Batu Ampar, Busang, Long Mesangat (Mawakal).

"Untuk izin yang bersifat prinsip sudah selesai dan ada beberapa izin yang masih berjalan prosesnya namun mendekati selesai, contohnya Organisasi dan Tata Laksana (Ortal) yang juga dibantu oleh pemerintah provinsi, izin lingkungan termasuk izin bangunan," ungkapnya.

Untuk mendukung operasional rumah sakit yang terletak di Desa Benua Baru ini, juga sudah dilengkapi aliran listrik dari PLN selama 24 jam, termasuk suplai air bersih dari PDAM.

"Karena belum ada sambungan pipa sampai ke sana (rumah sakit) untuk distribusi masih menggunakan kendaraan tangki yang disiapkan oleh mereka (PDAM)," bebernya.

Terkait sumber daya manusia kesehatan (SDMK), hingga saat ini pihaknya masih melakukan perekrutan tenaga kesehatan mulai dari dokter umum, perawat, tenaga farmasi, laboratorium, tenaga administrasi hingga dokter spesialis.

"Ini sedang berjalan dan alhamdulillah antusiasme juga tinggi, kebutuhan untuk di sana (rumah sakit) sebanyak 114 orang untuk mengoperasikan awal rumah sakit tersebut, " pungkasnya. (*/adv/kutim23_kominfo)

Tags :
Kategori :

Terkait