50 Pelaku Ekraf Antusias Ikuti Pelatihan Videografi Garapan Dispar Kutim

Sabtu 05-08-2023,20:55 WIB
Reporter : Disway Kaltim Group
Editor : Disway Kaltim Group

Kutim, nomorsatukaltim.com - Dinas Pariwisata Kutim menggelar pelatihan videografi selama tiga hari mulai dari Kamis (3/8/2023) sampai Sabtu (5/8/2023).

Pelatihan ini untuk mengembangkan kemampuan pelaku ekonomi kreatif di Kutai Timur.

Kegiatan dibuka Kepala Dispar Kutim Nurullah didampingi Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Yunita Ronting, Kabid Pengembangan Sumber Daya Pariwisata (SDM) dan Ekraf Dian Anggraeni dan Kepala Bidang Ekraf Ahmad Rifani d D’Lounge Hotel Royal Victoria.

Dispar mengundang instruktur video berkompeten di bidangnya yang berasal dari Kota Bandung yakni Ari Wibowo (Lecturer Videography & Visual Communication, Profesional Videographer dan Tourism Consultant) dan Surya Adi Nugraha (Profesional Videographer, Video Editor dan Scriptwriter).

Jumlah peserta berjumlah 50 orang yang berasal dari pelaku ekraf dan pemandu wisata mulai dari organisasi kepariwisataan, komunitas, hingga pegiat wisata di Kutim.

Kepala Dispar Kutim Nurullah menegaskan maksud kegiatan ini, Dispar Kutim ingin melahirkan SDM profesional ekraf dan pariwisata di bidang videografi.

“Intinya Dispar Kutim ingin menambah skill (keterampilan) generasi milenial Kutim. Dan dalam hal ini Dispar Kutim selalu mendampingi dan men-support untuk kemajuan SDM Kutim lebih profesional dan terampil serta menguasai hal teknis mulai dari pengambilan gambar hingga finishing (editing) dan fokusnya memajukan dunia Ekraf dan pariwisata lebih menarik perhatian,” bebernya.

Selanjutnya, pelatihan ini ditujukan bisa memberdayakan kemampuan mereka, dan tidak hanya menggunakan perkembangan teknologi informasi untuk hiburan semata.

“Diharapkan para peserta bisa menghasilkan karya video dengan berbagai konten positif dan bermanfaat,” tambahnya.

Sementara itu, narasumber Ari Wibowo, mengulas permasalahan teknis yang terjadi di pembuatan video dan bagaimana mengatasinya.

Seperti cara pengambilan angle, pemilihan kamera yang tepat hingga lensa, kemudian cara editing yang tepat hingga colour grading. Ia pun mengajak seluruh peserta bisa mengasah kemampuan rasa untuk menciptakan videografi yang sinematik.

“Memang ini menjadi tantangan yang besar, tapi jika kita terus berlatih dan memperbanyak jam terbang semua bisa, asal ada kemauan,” tegas pria kelahiran Magelang tersebut.

Sementara itu, narasumber Surya Adi Nugraha membeberkan banyak tentang komposisi sinematik yang harus dikuasai oleh seorang videografer tentu sesuai kebutuhan yang diambil apa itu terkait komersial hingga kepentingan pribadi (hobi).

Beberapa materinya dia menjelaskan tentang Rule of Third yakni bagaimana memposisikan objek di sepertiga bagian dalam foto lebih estetik.

Kemudian ada Leading Line yaitu melatih kepekaan dalam mengatur komposisi gambar berdasarkan posisi objek.

Tags :
Kategori :

Terkait