Dikukuhkan Wabup Kutim, Organisasi Pemuda Lintas Agama Jadi Penggerak FKUB

Senin 26-06-2023,18:52 WIB
Reporter : Disway Kaltim Group
Editor : Disway Kaltim Group

Kutim, nomorsatukaltim.com – Dua pengurus organisasi pemuda lintas agama dikukuhkan Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang di aula gedung PLHUT Kemenag Kutim, Senin (26/6/2023).

Yakni, Pengurus Pemuda Lintas Agama (Pelita) Kutim periode 2023-2028 dan Pengurus Perempuan Lintas Agama (Perlita).

Bupati juga mengukuhkan Pengurus Desa Sadar Kerukunan Desa Swarga Bara.  

Pengukuhan dua organisasi lintas agama itu berdasarkan surat keputusan (SK) Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Kutim Nomor 23 Tahun 2023.

Wabup Kasmidi Bulang memberi apresiasi kepada para pemuda yang telah bersedia bergabung menjadi pengurus Pelita dan Perlita. Organisasi yang merupakan bagian dari upaya menjaga perdamaian dan menjalin silaturahmi antar pemuda lintas agama.

"Harapan kita, Pelita dan Perlita ini menjadi motor penggerak di Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB). Karena kita tahu bersama di FKBU itu para tokoh-tokoh atau sudah sepuh. Jadi kita lah pemuda yang bergerak membantu menjalankan semua program-program FKUB," jelasnya di hadapan ketua FKUB Kutim Abdul Hafied,

Kata wabup, pemuda memiliki potensi yang besar karena pemuda merupakan orang- orang yang produktif dan mudah untuk menggerakkan sebuah kegiatan.

Ia berharap kepada pengurus yang baru dikukuhkan agar bisa menjalankan tugas dengan baik.

"Hari ini kita juga kukuhkan pengurus Desa Sadar Kerukunan Desa Swarga Bara yang menjadi "file project". Karena kita ketahui Desa Swarga Bara itu sudah mewakili semua agama dan etnis yang ada," tambahnya.

Sementara itu, Ketua FKUB Kutim Abdul Hafied Yusuf menjelaskan bahwa untuk mewujudkan pembangunan daerah yang maju diperlukan kondisi sosial, keamanan yang kondusif rukun dan damai.

"Untuk memperkuat FKUB dalam mengemban tugas dan fungsinya. FKUB Kutim membentuk organisasi - organisasi di bawahnya yakni FKUB kecamatan sebanyak 18 kecamatan, Pelita, Perlita dan Desa Sadar Kerukunan," jelasnya.

Terakhir, ia mengucapkan terima kasih atas kehadiran Wabup Kasmidi Bulang sekaligus ketua dewan pembina FKUB Kutim.

Selain itu, ia juga memohon dukungan dari pemerintah daerah dan masyarakat agar FKUB Kutim bisa menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik.

Sebelumnya, Ketua Panitia Ali Basuki mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga pengukuhan Pengurus Pelita, Perlita dan Desa Sadar Kerukunan Desa Swarga Bara bisa terlaksana dengan baik. (*/adv/kutim23_kominfo)

Tags :
Kategori :

Terkait