Lebaran Menghitung Hari, Harga Telur di Paser Naik

Kamis 13-04-2023,23:32 WIB
Reporter : Achmad Syamsir Awal
Editor : Achmad Syamsir Awal

Paser, Nomorsatukaltim.com - Lebaran kini tinggal menghitung hari. Demi memastikan pasokan kebutuhan bahan pokok dan harga, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Paser melakukan inspeksi mendadak (Sidak).

Yakni menyasar toko retail dan Pasar Induk Penyembolum Senaken. Petugas memeriksa harga dan ketersedian bahan pokok maupun bumbu dapur. Seperti bawang merah, bawang putih, lombok, tomat, telur, gula, ayam potong dan berbagai bapok lainnya.

Harga telur mengalami kenaikan naik dari Rp 32 kini Rp 36 ribu perkilogram, gula pasir dikisaran Rp 14 hingga Rp 15 ribu, bawang merah justru turun dari Rp 35 menjadi Rp 30 ribu dan bawang putih sebelumnya Rp 32 sekarang Rp 30 ribu. Lombok juga naik dari kisaran Rp 40 sampai Rp 45 ribu per kilogram menjadi Rp 50 ribu.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Paser Adi Maulana menjelaskan sebelum sidak dilakukan pertemuan bersama TPID, mulai dari ketersediaan, harga dan pasokan cadangan.

Hasil pantauan TPID, harga bahan pokok dalam kondisi normal, walaupun ada beberapa barang yang mengalami kenaikan. "Masih normal harga bahan pokok di pasaran," kata Adi, Kamis (13/4/2023).

Adi mengungkapkan kemungkinan gejolak harga akan mengalami kenaikan tiga hari jelang idulfitri, untuk itu supaya kenaikan harga dalam batasan normal, Tim akan terus melakukan monitoring setiap harinya.

"Kalau ketersediaan barang sedikit kemudian permintaan besar maka harga akan ikut naik. Kita mencoba agar harga itu tidak naik terlalu tinggi," terangnya.

Dikatakannya monitoring akan dilaksanakan oleh semua stakeholder yang terlibat dalam TPID. Mulai dari Dinas Ketahanan Pangan, Disperindagkop dan UKM, Polres Paser, Kodim 0904/Paser.

"Mereka memantau secara terpisah setiap hari," tandasnya. (*)

Reporter: Achmad Syamsir Awal

Tags :
Kategori :

Terkait