Tim Kementerian PPN Bappenas Datang ke Kukar, Ada Apa Ya?

Senin 18-11-2019,15:39 WIB
Reporter : bayong
Editor : bayong

Tim Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) / Bappenas RI saat diskusi di Pendopo Bupati Kukar. (Rafii/DiswayKaltim)

Kukar, DiswayKaltim.com - Tim Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) / Bappenas RI datang ke Kukar. Untuk melakukan penghimpunan data terkait IKN. Mencakup semua aspek.  Mulai sosial, budaya, hingga ekonomi.

Kunjungan tersebut dihadiri beberapa OPD. Termasuk Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura dan perwakilan ormas. Di Pendopo Bupati Kukar, Senin (18/11/2019).

Tim akan berdiskusi  dengan masyarakat lokal secara bertahap. Dengan harapan perpindahan IKN sesuai dengan seperti yang diharapkan Presiden Joko Widodo.

"Untuk mendengarkan apa saja yang diharapkan dan apa saja kendalanya," ucap Perwakilan Staf Ahli Bidang Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Bappenas RI Ratna Sri Mawarti, Senin (18/11/2019).

Kementerian PPN/Bappenas RI banyak menerima aspirasi. Termasuk keluhan masalah lahan dari peserta yang hadir. Karena masalah lahan menurutnya cukup sensitif.

"Nanti akan kami sampaikan pada pimpinan, untuk didapatkan solusi terbaik bagi masyarakat dan pemindahan IKN baru," lanjut Ratna.

Pemkab Kukar sendiri menyatakan kesiapannya menyambut pemindahan IKN. Dan berharap sesegera mungkin proses perpindahannya ke Kaltim.

Diketahui, lokasi yang menjadi fokus pembangunan IKN baru di Kukar terletak di kecamatan yang berbatasan langsung dengan lokasi IKN baru.

Yakni Kecamatan Loa Janan, Kecamatan Loa Kulu, Kecamatan Samboja dan Kecamatan Muara Jawa.

"Langkah strategi pembangunan, yang sedang disiapkan sebagai lumbung pangan, wisata, warisan budaya dan seni budaya," ucap Ahmad Taufik Hidayat saat menyampaikan sambutan Bupati Kukar.

Setelah ini Tim Kementerian PPN/Bappenas RI akan melakukan diskusi serupa di Kecamatan Loa Kulu, Loa Janan, dan Desa Batuah. Untuk mengumpulkan masukan dari masyarakat. (mrf/boy)

Tags :
Kategori :

Terkait