HUT Brimob Momen Melawan Terorisme

Kamis 14-11-2019,15:11 WIB
Reporter : Devi Alamsyah
Editor : Devi Alamsyah

Balikpapan, DiswayKaltim.com - Perayaan HUT Brimob tahun 2019 di wilayah Polda Kaltim dipusatkan di lapangan SPN Polda Kaltim, Kamis (14/11/2019) pagi tadi. Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Waka Polda Kaltim Brigjend Pol Edy Tambunan.

Dalam peringatan HUT Brimob kali ini, mengangkat tema Kebhineka Tunggal Ika. Menandakan jika Brimob siap mengayomi masyarakat seluruh Indonesia.

Usai menjadi Inspektur upacara, Waka Polda Kaltim berpesan, jika pada HUT Brimob ini menjadi sebuah momen untuk melawan tindakan terorisme yang baru saja terjadi, sehari sebelum HUT Brimob.

Waka Polda pun menyatakan hingga saat ini di wilayah hukum Polda Kaltim, belum ditemukan adanya titik-titik radikalisme.

"Untuk wilayah Kaltim, sejak awal kita sudah mengantisipasi adanya ancaman kelompok-kelompok radikal ke arah teroris," ujar Brigjend Pol Edy Tambunan, Kamis (14/11/2019).

Menurut Waka Polda, jika ditemukan adanya tanda-tanda radikalisme di wilayah Polda Kaltim, pihaknya telah melakukan pendekatan-pendekatan kepada kelompok tersebut, agar berubah prinsip.

"Setiap ada yang mencurigakan, kita langsung antisipasi dengan pendekatan kepada mereka," jelasnya.

Disinggung soal wilayah Kaltim yang akan menjadi Ibu Kota Negara (IKN) dan memiliki kawasan Objek Vital Nasional (Obvitnas), Edy menjelaskan jika dalam mengamankan dan mengantisipasi hal tersebut kepolisian dan TNI telah bekerjasama dengan pihak-pihak lainnya.

"Kita sudah kerja sama dengan Obvitnas, ada pam obvit, barhakam dan cctv, juga penjagaan 24 jam," terangnya.

Sementara terkait pelaku pengeboman di Medan, yang mengenakan atribut ojek online, Waka Polda tidak ingin membeda-bedakan setiap orang yang masuk dalam kawasan kepolisian ataupun obvitnas tersebut.

"Seluruhnya enggak cuma ojek online, kita bisa liat di Polda semua diperiksa," tutupnya. (K/bom/dah)

Tags :
Kategori :

Terkait