Vaksinasi Balikpapan ‘Tumpeh-Tumpeh’ Kini Layani Warga Luar Daerah

Minggu 26-12-2021,19:16 WIB
Reporter : Disway Kaltim Group
Editor : Disway Kaltim Group

Balikpapan, nomorsatukaltim.com - Vaksinasi COVID-19 dosis I Kota Balikpapan telah melampaui 100 persen. Berkat kegercepan pemerintah setempat mengupayakan capaian vaksin. Kini, mereka menggunakan dosis yang ada untuk melayani warga luar daerah.

Geliat vaksinasi Kota Balikpapan memang terpantau yang paling gesit. Di antara kabupaten/kota di Kaltim. Koordinasi yang dibangun pemerintah, TNI, Polri, serta pihak lainnya berjalan baik. Sehingga ketika daerah lain masih berada di angka 50-70 persen. Capaian vaksinasi Kota Beriman sudah lebih 90 persen.

Saat ini, dikatakan Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Balikpapan Andi Sri Juliarti menyebut, Kota Balikpapan menjadi salah satu kota di Indonesia yang telah memenuhi cakupan vaksinasi COVID-19 hingga 100 persen. Atau bisa disejajarkan dengan capaian vaksinasi DKI Jakarta, Surabaya, Bali, Surakarta dan beberapa daerah lainnya.

Alhamdulillah, capaian vaksinasi dosis 1 Kota Balikpapan hari ini mencapai 100,87 persen,” ujarnya, Kamis, 23 Desember 2021.

Karena seluruh warga ber-KTP Balikpapan sudah divaksinasi. Diskes Balikpapan kini telah menerima pelayanan vaksinasi bagi warga luar daerah. Setelah banyaknya permintaan dari berbagai pihak. Terutama untuk memfasilitasi warga non KTP Balikpapan yang melakukan perjalanan ke Balikpapan dan Kaltim pada umumnya.

Adapun vaksinasi selama ini menjadi syarat perjalanan, baik melalui Pelabuhan Internasional Semayang Balikpapan maupun bagi pelaku perjalanan yang menggunakan jalur udara melalui Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan.

Selain itu, Diskes Kaltim mencatatkan posisi Balikpapan di peringkat teratas terkait capaian vaksinasi dosis pertama se-Kaltim. Kemudian disusul Kutai Barat (Kubar), yang vaksinasinya mencapai  84,04 persen. Sementara diurutan ketiga ada Bontang, dengan capaian vaksinasi sebanyak 81,73 persen.

"Kalau dosis kedua, capaian vaksinasi Covid di Kota Balikpapan telah mencapai 81,60 persen," ungkap Andi Sri Juliarty.

Dokter Dio, sapaanya, berharap agar capaian vaksinasi dosis kedua juga bisa segera mencapai 100 persen, dalam waktu dekat.

Adapun capaian vaksinasi anak untuk usia 6 hingga 11 tahun di Kota Beriman, juga disebut tertinggi di Kaltim, dengan persentase mencapai 22,61 persen.

Kegiatan vaksinasi untuk anak, selama ini tidak hanya dilaksanakan di Sentra Vaksinasi Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Dome, yang kini dialihkan sementara ke Gedung Kesenian Balikpapan. Namun warga juga mengakses layanan vaksinasi anak di Puskesmas seluruh Balikpapan yang dilaksanakan setiap Selasa dan Kamis. RYN/AVA

Tags :
Kategori :

Terkait