Vaksinasi Anak Balikpapan, Aisyah: Enggak Sakit kok

Rabu 15-12-2021,21:42 WIB
Reporter : Disway Kaltim Group
Editor : Disway Kaltim Group

Balikpapan, nomorsatukaltim.com - Ribuan anak-anak mengantre memasuki ruangan Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Dome, untuk mengikuti vaksinasi.

Anak-anak berusia 6 sampai 11 tahun itu datang dengan seragam sekolah, masing-masing didampingi orang tuanya. Mereka mengikuti Kick Off vaksinasi khusus anak yang mulai dilaksanakan Dinas Kesehatan (Diskes) Balikpapan, Rabu, 15 Desember 2021.

Seorang siswa SD 013, Aisyah mengaku tidak merasakan sakit saat tim medis dari Diskes Balikpapan menyuntikkan vaksin ke bagian lengan atasnya. "Enggak sakit. Barusan disuntik Bu dokter," ujarnya.

Saat ditanya tanggapannya oleh petugas medis, suara Aisyah menggema. Ia mengajak anak-anak lainnya agar mau suntik divaksin. Sementara anak-anak lain memperlihatkan raut wajah tegang, setelah menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan. Hal yang sama seperti pemeriksaan kesehatan pada orang dewasa sebelum divaksin.

"Aisyah sudah divaksin, ayo teman-teman yang lain, (divaksin) biar sehat," katanya melalui pengeras suara. 

Kepala Diskes Balikpapan Andi Sri Juliarty menyebut vaksinasi untuk anak-anak usia 6 sampai 11 tahun itu dimulai dari SD Negeri 013 dan SD Negeri 014, Kelurahan Gunung Bahagia. Lantaran kedua sekolah tersebut dekat dari sentra vaksinasi BSCC Dome.

Selain itu, guru-guru dan orang tua anak dinilai yang paling siap untuk mengantarkan anak-anaknya mendapat vaksinasi.

"Kita ketahui persiapannya kan cukup cepat, hanya sehari. Tapi Alhamdulillah semua datang ditargetkan 1.550 anak hari ini," katanya.

Sedangkan bagi anak-anak lainnya, baik dari sekolah lainnya maupun anak-anak warga Balikpapan secara umum juga sudah diimbau untuk mengikuti vaksinasi massal yang diselenggarakan Pemkot Balikpapan.

"Kami membuka pelayanan vaksinasi di setiap puskesmas tiap hari Selasa dan Kamis, untuk anak usia 6 sampai 11 tahun," terangnya.

Sementara pelayanan vaksinasi di tiap Puskesmas yang dilaksanakan setiap Rabu dan Sabtu, tetap dikhususkan bagi lansia. "Karena kita juga masih mengejar vaksinasi lansia," katanya.

Menurutnya, saat ini masih dalam tahap libur sekolah, sehingga para orang tua tidak perlu khawatir anak-anaknya tidak bisa mendapat vaksinasi. Lantaran vaksinasi bisa dilakukan di setiap Puskesmas. Namun demikian, Diskes juga disebutnya memberi kesempatan bagi sekolah-sekolah yang ingin melaksanakan vaksinasi terpadu di sekolahnya sendiri, bisa segera menghubungi Puskesmas di tiap wilayah.

"Tim dapat datang ke sekolah. Ini masalahnya karena kondisi libur, sementara kita harus tetap menjalankan," terangnya.

Selain itu, Diskes Balikpapan juga akan memberikan pelayanan vaksinasi khusus anak setiap Kamis, di BSCC Dome, atau di Gedung Kesenian Balikpapan, yang posisinya hanya selemparan batu dari antrean vaksinasi BSCC.

"Sasaran kita ada 81.404 anak, berdasarkan data Diadukcapil Balikpapan hari ini," katanya.

Tags :
Kategori :

Terkait