NasDem Buka Penjaringan Bacalon Kepala Daerah Balikpapan

Senin 23-09-2019,16:01 WIB
Reporter : Devi Alamsyah
Editor : Devi Alamsyah

Ketua DPD Partai NasDem Balikpapan Rizal Effendi (duduk tengah) bersama jajaran dalam konferensi pers pembukaan pendaftaran bacalon kepala daerah, Senin (23/9/2019). (Ariyansah/Disway Kaltim) ==========  

Balikpapan, DiswayKaltim.com - Partai NasDem resmi membuka pendaftaran untuk bakal calon (bacalon) kepala daerah.

"Partai NasDem Balikpapan hari ini resmi, membuka pendaftaran," kata Ketua DPD Partai NasDem Balikpapan Rizal Effendi, didampingi Sekretaris DPD Partai NasDem Balikpapan Lauhil Machfudz, Senin (23/9/2019).

Pendaftaran dibuka selama satu bulan. Mulai 23 September 2019 hingga 23 Oktober 2019. Pengambilan dan pengembalian formulir dipusatkan di Sekretariat DPD Partai NasDem Balikpapan, di kawasan Balikpapan Baru.

"Ini terbuka untuk umum. Tanpa mahar. Tanpa uang pendaftaran. Kader Partai NasDem maupun dari masyarakat (bukan kader) bisa daftar. Dipersilakan (mendaftar)," lanjutnya.

Apakah yang mendaftar ke partainya sudah pasti diusung pada Pilwali Balikpapan? Rizal tak bisa memastikan itu karena kewenangan DPP Partai NasDem.

"Kalau formalnya begitu. Tapi apakah DPP punya pertimbangan lain atau seperti apa, ya itu kewenangan DPP. Kalau DPD yang mendaftar, itu diserahkan ke DPW dan diteruskan ke DPP," ungkapnya.

Ketua Panitia Penjaringan DPD Partai NasDem Balikpapan Mauliddin menjelaskan, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi para pendaftar. Salah satunya melampirkan hasil survei yang bersangkutan. Lembaga survei harus terakreditasi DPP Partai NasDem.

Ada delapan lembaga survei tersebut, yaitu Indiktor, Charta Politika, Poltracking, Indo Riset Consultant, JSI, Indekstat, Pusdeham, Research Centre Media Grup.

"Hasil survei sudah harus kami terima sebelum rapat pleno DPW (Partai NasDem Kaltim)," kata Mauliddin, yang juga ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD Partai NasDem Balikpapan.

Nama-nama yang mendaftar sebagai bacalon kepala daerah, akan diserahkan ke DPP Partai NasDem di Jakarta, awal November 2019. Untuk diseleksi.

"Pendaftaran dibuka satu bulan. Kemudian pemaparan visi, misi dan strategi setiap bacalon 24-31 Oktober. Itu yang beda dari kami, ada pemaparan visi misi. Pleno di DPW, 1-5 November. Dan penyerahan berkas ke DPP 6-8 November," katanya. (sah/dah)

Tags :
Kategori :

Terkait