Bandara SAMSS Balikpapan Maksimalkan Fasilitas Self Check In

Rabu 30-12-2020,16:12 WIB
Reporter : Benny
Editor : Benny

Balikpapan, nomorsatukaltim.com –Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan (SAMSS) memaksimalkan fasilitas self check in. Ini dilakukan menghindari kerumunan calon penumpang.

Dalam hal pelayanan validasi dokumen kesehatan, pihak Angkasa Pura I Bandara SAMSS telah mengatur alur antrean. Dengan menerapkan rekayasa alur apabila terjadi kepadatan. Begitu juga di area check in telah berkoordinasi dengan maskapai untuk memanfaatkan seluruh check in counter. Sehingga tidak terjadi penumpukan di jam-jam tertentu. General Manager Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Barata Singgih Riwahono menjelaskan, sejak posko pengendalian trasportasi angkutan udara didirikan. Tercatat pada 18-28 Desember 2020 telah melayani 107.333 penumpang, pada periode sama November penumpang sebanyak 100.237 penumpang. “Ada kenaikan dengan persentase 7,4%,” kata Barata Singgih Riwahono, Selasa (29/12). Untuk memberikan pelayanan kepada pengguna jasa transportasi udara. Pihaknya memastikan protokol kesehatan berjalan sesuai aturan. PT Angkasa Pura I (Persero) selaku pengelola Bandara SAMS Sepinggan melakukan berbagai upaya agar penumpang dapat terbang aman dan sehat. Seiring dengan mulai meningkatnya kepercayaan masyarakat menggunakan transportasi udara. "Saat ini kita masih menghadapi pandemi virus corona, untuk itu kami manajemen PT Angkasa Pura I Balikpapan turut mengantisipasi penyebarannya dengan melakukan penerapan protokol kesehatan,” ucapnya. Berbagai upaya yang dilakukan dengan memasang tanda jaga jarak. Pengecekan suhu tubuh di pintu masuk menggunakan thermal scanner atau thermo gun. Validasi dokumen kesehatan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) serta petugas bandara yang memonitoring penerapan protokol kesehatan. “Selanjutnya pada malam hari setelah jam operasional berakhir sterilisasi dengan melakukan penyemprotan disinfektan secara rutin,” beber Barata. Barata menyebut pengelola sangat mendukung persyaratan penerbangan baru yang ditetapkan pemerintah pada saat Hari Raya Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. Untuk itu, ia pun mengingatkan kepada penumpang memastikan dokumen kesehatan sesuai dengan yang dipersyaratkan oleh bandara tujuan. “Saya imbau agar melakukan tes kesehatan satu hari sebelum waktu keberangkatan,” katanya. Selain itu, di bandara juga disediakan fasilitas layanan kesehatan Rapid Tes Antibodi dan Antigen. Yang berlokasi di lantai 2 (mezzanine floor). Di area fasilitas layanan tersebut pihaknya telah menyediakan antrean khusus untuk melakukan tes dan ruang tunggu bagi yang menunggu dokumen hasil tes. Barata berharap para pengguna jasa dapat turut bekerjasama dalam mematuhi protokol kesehatan. (fey/eny)
Tags :
Kategori :

Terkait