Trump Tak Akui Kekalahan, Peralihan Kekuasaan Akan Tersendat

Kamis 05-11-2020,19:19 WIB
Reporter : Disway Kaltim Group
Editor : Disway Kaltim Group

Sangat mudah untuk membayangkan Trump (dengan lebih dari 80 juta pengikut Twitter dan potensi akan menjadi pimpinan jaringan televisi pasca-kepresidenan), terus menyuarakan keluhan kecurangan pemilu hari demi hari.

Trump memang memiliki kepentingan untuk melakukannya. Seperti yang telah dia tunjukkan berulang kali selama masa kepresidenannya, Trump sangat tidak memedulikan jabatan atau statusnya sebagai suara moral di dalam AS dan seluruh dunia.

Chris Cillizza dari CNN menyimpulkan, buntut dari kekalahan Trump dalam Pilpres AS 2020 tidak sulit untuk dibayangkan: perpecahan yang bahkan lebih mendalam di dalam negeri antara pendukung Trump dan kalangan lainnya. Perpecahan itu akan membuat janji Biden untuk menciptakan “One America” ​​lagi-lagi menjadi sekadar mimpi kosong.

GUGAT PEMILU

Pemilu AS jatuh ke dalam kekacauan pada Rabu (4/11) pagi waktu setempat, ketika Trump mengumumkan kemenangan sebelum waktunya, dan meminta intervensi Mahkamah Agung untuk menghentikan penghitungan suara. Bahkan ketika Biden menyuarakan kepercayaan pada peluangnya sendiri.

Dalam pemilu AS yang memecah belah di bawah bayang-bayang pandemi virus corona yang telah merenggut lebih dari 230.000 nyawa di AS, Trump tampaknya telah menghindari kemenangan Demokrat yang diprediksi oleh beberapa jajak pendapat. Tetapi dia masih membutuhkan negara-negara bagian kunci untuk mengamankan masa jabatan empat tahun lagi.

Menghancurkan norma-norma di negara demokrasi paling kuat di dunia, Trump menuduh “kecurangan besar” saat dia mengadakan pertemuan yang optimis di dalam Ruang Timur seremonial Gedung Putih.

“Kami benar-benar memenangkan pemilu ini,” ucap Trump kepada para pendukung yang bersorak, beberapa dari mereka mengenakan masker untuk melindungi diri dari COVID-19. “Ini adalah kecurangan pada publik Amerika.”

Taipan Republik itu mengatakan, dia akan pergi ke Mahkamah Agung karena ia ingin semua pemungutan suara dihentikan. Pemungutan suara sudah berakhir pada saat Trump naik podium setelah pukul 2 pagi waktu setempat. Tetapi Trump tampaknya meminta pengadilan untuk berhenti menghitung.

Trump telah mencerca selama berbulan-bulan terhadap surat suara yang masuk, menuduh tanpa bukti bahwa itu bisa curang, seiring sekitar 100 juta orang Amerika memberikan suara menjelang hari pemilu di tengah pandemi.

Biden segera membalas, upaya Trump untuk menghentikan penghitungan suara “keterlaluan” dan “belum pernah terjadi sebelumnya.” Ia mengatakan, tim hukumnya siap untuk melawannya di pengadilan jika perlu. “Penghitungan tidak akan berhenti. Ini akan berlanjut sampai setiap suara yang diberikan dihitung,” sumpahnya.

Sebelumnya, Biden telah memperingatkan, penghitungan suara akan memakan waktu cukup lama ketika dia menyapa pendukungnya sendiri, yang membunyikan klakson dari mobil pada rapat umum di negara bagian asalnya, Delaware.

“Kami yakin kami berada di jalur yang tepat untuk memenangkan pemilu AS ini,” tutur mantan wakil presiden berusia 77 tahun itu. “Tetap percaya, teman-teman, kita akan memenangkan ini.”

Pernyataan Biden jelas membuat Trump kaget, yang segera men-tweet klaimnya atas kemenangan dan kecurangan, membuat Twitter menandai komentarnya sebagai bagian dari upaya media sosial itu untuk melawan disinformasi pemilu.

Gubernur Pennsylvania Tom Wolf mengatakan, satu juta surat suara yang dikirim masih harus dihitung. Ia berjanji bahwa semua daerah akan bekerja “tanpa lelah” untuk menyelesaikannya.

“Mari kita perjelas,” ujar politisi Demokrat itu tentang komentar Trump. “Ini adalah serangan partisan terhadap pemilu Pennsylvania, suara kami, dan demokrasi.”

Selama empat tahun terakhir Trump sering dengan cepat mengatakan dia diperlakukan tidak adil. Tetapi beberapa sekutunya menyuarakan ketidaknyamanan atas intervensi dramatisnya.

Tags :
Kategori :

Terkait