Pangdam Buka Latihan Dasar Kepemimpinan Bagi 968 Pelajar Kartika

Jumat 30-08-2019,16:54 WIB
Reporter : Benny
Editor : Benny

Pangdam saat menyampaikan sambutan di hadapan siswa. (Andrie/diswaykaltim.com)

Balikpapan, Diswaykaltim.com - Untuk meningkatkan kualitas sumber daya generasi muda. Dalam menanamkan karakter kepemimpinan sejak dini. Kodam VI/Mulawarman melakukan Latihan Dasar Kepemimpinan  Siswa (LDKS). Dilaksanakan di Dodikjur Rindam VI/ Mulawarman, pada Jumat (30/8/2019) dan Sabtu (31/8/2019).

Kegiatan dibuka Pangdam VI/Mulawarman Mayjend TNI Subiyanto.  Pembekalan dalam kegiatan berisikan materi mental Ideologi. Pancasila. UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika.

Serta wawasan kebangsaan sebagai bekal dasar  bela negara. Juga untuk memupuk rasa nasionalisme. Sehingga tidak mudah terpengaruh paham radikalisme dalam berinteraksi di masyarakat.

"Kita ingin menciptakan pemimpin-pemimpin yang baik. Saya ingin mereka mempunyai akhlak yang bagus. Saya ingin memupuk budi pekerti mereka  Makanya tadi disampaikan hormati guru, orang tua dan kakak tingkat mereka," ujar Pangdam, Jumat (30/8/2019).

Pangdam juga meminta kepada 968 pelajar SMP, SMA dan SMK Kartika untuk mengetahui bahaya penyalahgunaan narkoba dalam perilaku sehari-hari. Pasalnya, kata Pangdam, saat ini narkoba telah menyerang hingga ke lingkungan sekolah. "Kita belajar dari kota besar, bahwa bahaya narkoba sudah masuk ke sekolah. Bukan lagi di tempat hiburan," tegasnya.

Selain itu. Dengan ditetapkan Kalimantan Timur sebagai ibu kota negara baru. Pangdam juga akan menerapkan pelajaran ideologi dan bahaya radikal.

"Bahaya radikal juga kita akan ajarkan.  Karena kita mau menuju ibu kota baru. Tentunya penduduk yang datang kita harus tahu. Jangan sampai mereka orang radikal. Kita harus tahu juga," jelasnya.

Pangdam berharap melalui LDKS selama dua hari bisa memberi  dampak positif bagi pribadi siswa.  Sehingga memiliki sikap hormat menghormati. Sopan dan santun baik kepada yang lebih tua. Maupun teman.  Sebagai bagian dari penanaman akhlak dan budi pekerti yang baik bagi siswa baru. Yang bersekolah di Yayasan Kartika V-1 Balikpapan. (k/bom/eny)

Tags :
Kategori :

Terkait