Diskan Kubar Terus Salurkan Bantuan pada Nelayan

Jumat 28-08-2020,22:44 WIB
Reporter : Disway Kaltim Group
Editor : Disway Kaltim Group

Kepala Diskan Kubar, S.Alexander Samson.(imran/disway kaltim)

Sendawar, nomorsatukaltim.com –  Upaya Pemerintah Kabupaten Kutai Barat (Kubar) untuk meningkatkan perekonomian petani nelayan melalui Dinas Perikanan (Diskan), di antaranya dengan mengintensifkan bantuan pada perikanan darat di 16 kecamatan se-Kubar.

“Tahun ini kembali disalurkan bantuan fisik berupa karamba, kolam terpal, benih dan calon induk serta pakan ikan bagi petani nelayan di perikanan budidaya,” jelas Kepala Diskan Kubar, S. Alexander Samson kepada Disway Kaltim di ruang kerjanya, Kamis (27/8).

Bantuan dari Diskan Kubar tak hanya kepada nelayan budidaya ikan. Tetapi juga petani nelayan perikanan tangkap yang berada disekitar sungai dan rawa juga dapat bantuan.

“Kelompok nelayan perikanan tangkap disalurkan bantuan berupa motor, serta  perahu bermesin. Termasuk pukat dan beragam alat tangkap ikan,” tambah Samson.

Tidak hanya menyalurkan bantuan, Diskan Kubar juga melakukan penyuluhan, pelatihan, dan pemberdayaan. Serta pengawasan kepada kelompok nelayan yang telah mendapat bantuan tersebut.

“Karena diharapkan, sekali bantuan menjadi modal bagi nelayan. Selanjutnya agar mampu berkembang dengan tata kelola usaha yang baik,” bebernya.

Sedangkan penyuluhan oleh Diskan kepada kelompok tani nelayan yang menjadi sasaran kegiatan terus digencarkan.

“Selain penyuluhan, Diskan Kubar melakukan pemilihan kepada kelompok nelayan berprestasi. Di berangkat studi banding ke daerah lain yang sudah sukses dalam pengelolaan perikanan lokal,” terang Jakaria, Kabid Pemberdayaan Nelayan dan Pembudidaya Perikanan Diskan Kubar.

Hasil perikanan oleh petani  nelayan lokal Kubar dipastikan mampu memenuhi kebutuhan pasar lokal Kubar. Bahkan saat ini sedikit sekali ikan sungai didatangkan dari luar Kubar.

“Saya hanya mendatangkan ikan laut dari Samarinda, Pak. Untuk ikan sungai saya membeli dari nelayan Kubar setiap hari,” papar Arif (37), salah satu pedagang ikan di Pasar Meleo Baru, Kecamatan Barong Tongkok.

“Yaitu ikan nila, mas, lele, dan juga ikan patin,”  tukas Arif.

Diskan Kubar akan terus menguatkan bantuan kepada kelompok tani nelayan pada 16 kecamatan se-Kubar. Selain untuk mensejahterakan petani nelayan, juga mempersiapkan Kubar sebagai salah satu kabupaten penopang ibu kota negara ke depan.(imy/ava)

Tags :
Kategori :

Terkait