Belum Dapat Bantuan dari Pemerintah, Korban Putting Beliung Andalkan Bantuan Desa Tetangga

Kamis 27-08-2020,15:49 WIB
Reporter : Disway Kaltim Group
Editor : Disway Kaltim Group

Lokasi kejadian Angin Puting Beliung di Desa Liang Buaya Kecamatan Muara Kaman (ist)

Kukar, nomorsatukaltim.com - Masyarakat Desa Liang Buaya, Kecamatan Muara Kaman harus bersabar. Bantuan dari pemerintah daerah belum diterima hingga H+3 pasca kejadian, diterjangnya belasan bangunan oleh angin puting beliung. Minggu (23/8/2020) silam.

Sekretaris Desa (Sekdes) Liang Buaya Irzal Tomi mengatakan, saat ini para korban masih mengungsi ke rumah kerabatnya masing-masing. Warga desa juga secara bergotong royong membersihkan sisa-sisa reruntuhan bangunan yang terkena dampak angin puting beliung.

Terkait bantuan, Irzal mengatakan baru mendapatkan dari pihak Koramil dan kecamatan. Serta dari bantuan masyarakat desa tetangga. Seperti Desa Sanggulan dan masyarakat sekitar desa. Seperti kebutuhan dasar bahan pokok, dan baju layak pakai untuk korban.

"Sampai saat ini warga paham bantuan perlu proses, masyarakat menerima bantuan apa adanya dulu," pungkas Irzal.

Sementara itu, Kepala BPBD Kukar Marsidik mengatakan telah mengirim tim verifikasi. Untuk mendata jumlah dan besar kerusakan yang dialami korban. Nantinya bantuan sosial akan diserahkan langsung oleh bupati atau wakil bupati kukar.

"Sementara yang mendesak untuk bantuan sosial, memang memakan waktu cukup lama," jelas Marsidik.

Berdasarkan data awal, sebanyak 15 kepala keluarga (KK) yang menjadi korban. Di RT 01 dan RT 07. Sebanyak 20 bangunan yang terdampak. Terdiri 3 unit rumah tinggal, 8 rumah rakit. Serta 9 bangunan sarang burung walet milik warga Desa Liang Buaya. (mrf/ava)

Tags :
Kategori :

Terkait