Korban Kebakaran Bisa Ajukan Renovasi

Kamis 27-08-2020,11:33 WIB
Reporter : admin3 diskal
Editor : admin3 diskal

BANTUAN sembako diberikan Gubernur Kaltara Irianto Lambrie kepada korban kebakaran di Sebengkok Pelayaran, Rabu (26/8). Gubernur juga menyerahkan bantuan kepada karyawan Intraca.(HUMAS PEMPROV KALTARA)

TARAKAN, DISWAY – Korban kebakaran di Kelurahan Sebengkok, Kecamatan Tarakan Tengah, Selasa (25/8), mendapat bantuan sembako, peralatan dapur, dan family kit dari Gubernur Kaltara Irianto Lambrie, Rabu (26/8).

Irianto juga menyerahkan bantuan uang tunai sebesar Rp 2 juta kepada 12 KK terdampak. Ada 37 jiwa yang saat ini mengungsi di rumah warga sekitar, atau tempat keluarganya. Empat rumah ludes dalam peristiwa kebakaran itu.

Irianto mengatakan, Tarakan adalah salah satu daerah yang sangat rawan terjadi kebakaran, yang pada umumnya disebabkan korsleting, atau hubungan singkat arus listrik.

“Saya berkali-kali menganjurkan kepada masyarakat dan Pemkot Tarakan bersama PT PLN, untuk mengecek atau mengaudit instalasi listriknya. Minimal 5 tahun sekali dicek,” ujar Irianto.

Instalasi listrik yang sudah lama itu perlu diganti. Menurutnya, masyarakat tidak boleh lalai dan menganggap sepele. Karena dampaknya sangat fatal. “Selain kerugian materiel, juga bisa menimbulkan dampak kesehatan, bahkan jiwa. Untuk itu, pencegahan harus dilakukan,” ujarnya.

Kata Gubernur, warga yang rumahnya terbakar, bisa mengajukan renovasi rumah ke Dinas PUPR Kalimantan Utara. “Bisa kita bantu material seperti program BSPS (Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya). Bukan dibangunkan baru, tetapi dibantu renovasinya,” ujarnya.

“Adapun uang tunai yang saya serahkan, mudah-mudahan sementara waktu ini bisa dijadikan modal hidup, ataupun modal usaha,” tambah Irianto.

Tags :
Kategori :

Terkait