Dewan Apresiasi Buruh Pasir, Gelar Upacara Kemerdekaan Sederhana

Kamis 20-08-2020,22:07 WIB
Reporter : Y Samuel Laurens
Editor : Y Samuel Laurens

Wakil Ketua DPRD Kukar Alif Turiadi saat menerima kunjungan warga Kecamatan Tenggarong Seberang (Rafi'i/ Nomorsatukaltim)

Kukar, nomorsatukaltim.com - Viral, video sekelompok  buruh pasir Di Desa Teluk Dalam Kecamatan Tenggarong Seberang melaksanakan prosesi Upacara Hari Kemerdekaan.

Uniknya, pelaksanaan upacara dilakukan di areal tanah kosong. Tidak terlalu luas. Di pinggir jalan raya. Namun cukup menampung puluhan orang. Dengan peralatan seadanya. Mereka dengan khidmat menikmati rangkaian proses upacara. Hingga selesai.

Tentunya, ini mendapat apresiasi yang luar biasa. Dari masyarakat, hingga anggota DPRD Kutai Kartanegara Dapil Tenggarong Seberang Alif Turiadi. Ia menyebut, meskipun ditengah keterbatasan sarana dan prasarana pelaksanaan upacara. Jiwa patriotisme para buruh pasir sangatlah besar.

"Semangat yang besar dalam menghargai perjuangan para pahlawannya," ujar pria yang juga menjabat Wakil Ketua DPRD Kukar ini, Rabu (19/8/2020).

Alif juga tidak bisa menyembunyikan rasa bangga dan harunya. Sehingga mengundang masyarakat, khususnya buruh pasir yang melaksanakan prosesi upacara ke DPRD Kukar.

Rupanya kesempatan undangan ini tidak disia-siakan oleh masyarakat. Alif menyebut banyak menerima aspirasi para masyarakat di Desa Teluk Dalam. Berjuang bertahan hidup sebagai buruh pasir, di tengah pandemi COVID-19. Para buruh ini cukup merasakan dampak yang luar biasa. "Tentunya ini nanti menjadi catatan saya untuk membantu warga disana," pungkas Alif.

Sebelumnya memang beredar video. Pelaksanaan prosesi Upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75. Tidak hanya viral, video berdurasi sekitar 05.00. Menunjukkan betapa mereka menghargai perjuangan para pahlawan dimasa lalu. (adv/mrf/boy)

Tags :
Kategori :

Terkait