Proses Pemutakhiran Data Pemilih Dinilai Sukses

Rabu 19-08-2020,18:39 WIB
Reporter : Disway Kaltim Group
Editor : Disway Kaltim Group

Komisioner KPU Viryan Aziz dan I Dewa Wiarsa Raka Sandi saat membuka Rakor Pemutakhiran Data Pemilih Regional Kalimantan (Rafi'i/Nomor Satu Kaltim)

Kukar, nomorsatukaltim.com - Terbilang sukses. Hal tersebut diutarakan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Terkait pelaksanaan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih. Oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) di Indonesia.

Tahapan yang dilakukan sejak 15 Juli 2020 hingga 13 Agustus 2020. Terselenggara dengan baik. Meskipun dilakukan di tengah pandemi COVID-19 yang menyerang Indonesia. Petugas PPDP tetap menjalankan tiap proses tahapan ke rumah-rumah.

Hampir 300 ribu PPDP yang melaksanakan tugasnya mendata daftar pemilih. Yang terdaftar di Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4). Dan daftar pemilih pada pemilihan legislatif (Pileg) 2019 silam. Yakni sebanyak 105 juta calon pemilih yang didata. Tersebar di 46.745 desa dan kelurahan. 4.241 kecamatan. Dan 309 kabupaten/kota se-Indonesia.

"Bersyukur sampai hari ini tidak mendapat berita di antara mereka (PPDP) yang terkena COVID-19," ujar Komisioner KPU RI Viryan Aziz pada Disway Kaltim.

Meskipun ada beberapa kendala yang ditemukan petugas PPDP. Seperti adanya warga yang susah ditemui, warga yang dinyatakan meninggal dunia. Hingga petugas PPDP mengalami kecelakaan saat bertugas.

Kekhawatiran masyarakat akan paparan COVID-19, dirasa Viryan cukup wajar. Tapi sejauh ini masyarakat cukup kooperatif. Dengan memastikan petugas PPDP dalam menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

Melihat tahapan yang telah dilalui, Viryan yakin pada pelaksanaan pencoblosan tanggal 9 Desember 2020 mendatang. Sekitar 105 juta pemilih bisa menjalankan protokol kesehatan COVID-19 saat berada di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Dalam dua tahapan terakhir kita relatif bisa menerapkan protokol," pungkas Viryan.

Diketahui, untuk di Kukar sendiri. Sebanyak 1.691 PPDP yang melakukan pemutakhiran data. Kepada 547.514 daftar pemilih yag masuk dalam Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) dan DPT pemilu terakhir. Yang tersebar di 18 kecamatan se-Kukar. (mrf/ava)

Tags :
Kategori :

Terkait