Pastikan Kualitas Daftar Pemilih, KPU RI Lakukan Rakor Pemutakhiran di Kalimantan

Rabu 19-08-2020,17:25 WIB
Reporter : Disway Kaltim Group
Editor : Disway Kaltim Group

Komisioner KPU RI Viryan Aziz (Rafi'i/Nomor Satu Kaltim)

Kukar, nomorsatukaltim.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pemutakhiran Data Pemilih. Untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Kutai Kartanegara (Kukar) ditunjuk sebagai pelaksana kegiatan. Untuk regional Kalimantan.

Sebanyak lima daerah yang mengikuti Rakor tersebut. Yakni Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Tengah.

Tentunya, dengan Rakor ini. Kualitas daftar pemilih semakin baik dan berkualitas. Terlebih adanya penambahan jeda waktu. Sejak jadwal awal pencoblosan 23 September 2020. Menjadi 9 Desember 2020. Tentunya adanya penambahan pemilih. Seperti penambahan pemilih pemula.

"Tujuan utamanya adalah ingin meningkatkan kualitas daftar pemilih pada Pilkada serentak lanjutan 2020," ujar Komisioner KPU RI Viryan Aziz, Selasa (19/8/2020).

Viryan tidak memungkiri. Memang selalu ada persoalan pada daftar pemilih. Tapi hal tersebut diyakini akan berkurang.

Yang menjadi fokus Rakor ini. Terkait masih ditemukannya permasalahan data pemilih antar daerah perbatasan. Antar provinsi. Sehingga dirasa perlu untuk dilakukan kepastian data pemilih. Rakor ini dilakukan dalam dua tahapan. Tahap satu pada pekan lalu di Sulawesi dan Jawa. Tahap kedua di Kalimantan dan Sumatera. Dilakukan serentak pekan ini.

"Sementara untuk Indonesia bagian Timur tidak dilaksanakan karena perbatasannya di laut," pungkas Viryan. (mrf/ava)

Tags :
Kategori :

Terkait