Sejumlah Warga Geleo Setuju Tambang Batu Bara Masuk di Gunung Layung

Senin 17-08-2020,22:21 WIB
Reporter : Disway Kaltim Group
Editor : Disway Kaltim Group

Sebanyak 28 orang warga Kampung Geleo pemilik lahan di Gunung Layung, setuju PT Kencana Wilsa menambang batu bara di Gunung Layung.(Imran/Disway Kaltim)

Sendawar, nomorsatukaltim.com –  Sejumlah masyarakat pemilik lahan di Kampung Geleo Asa, Kecamatan Barong Tongkok, Kabupaten Kutai Barat (Kubar). Mengaku setuju hadirnya PT Kencana Wilsa yang akan menambang batu bara di kawasan Gunung Layung.

Idris, salah seorang tokoh masyarakat Geleo Asa, mengatakan PT Kencana Wilsa  memulai aktivitasnya di wilayah itu sejak  2018 lalu. Namun beragam pendapat muncul kontroversi di masyarakat.

“Ada yang setuju perusahaan itu beroperasi di kawasan Gunung Layung, ada juga yang tidak setuju,” kata Idris yang merupakan mantan kepala kampung Geleo Asa.

Menurutnya, investasi masuk ke daerah bisa memicu pesatnya  pembangunan. Serta memajukan pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat.

“Khususnya Kampung Geleo Asa,” beber Idris, diamini puluhan warga lainnya, dalam keterangan pers, Sabtu (15/8) di Geleo Asa.

Dalam keterangan resmi itu Idris bersama enam tokoh masyarakat Geleo Asa, yakni Perdinan, M Rubensyah, Abirnius, Ijuh, Pilus, dan Rustam, mengaku memiliki lahan di Gunung Layung. Mereka mendukung hadirnya PT Kencana Wilsa diwilayah Geleo Asa.

“Kami nyatakan bahwa aksi demo damai di Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  Kubar  mencatut nama masyarakat Kampung Geleo Asa,” ujar Idris.

Begitu pula dikatakan Pilus, terkait masalah Gunung Layung yang dikatakan menjadi sumber air kehidupan masyarakat dan dipermasalahkan oleh salah satu forum di Kubar, itu hanya alasan kecil.

“Kebutuhan air bagi masyarakat Geleo Asa selama ini bersumber dari Sungai Waruk yang berhulu di kawasan Menteteq. Hulu sungai menteteq dibibir jalan raya,” terangnya.

Senada, M Rubensyah dan Abirnus mengungkapkan, sebanyak 28 warga Geleo Asa pemilik lahan dikawasan Gunung Layung, mengaku hadirnya PT Kencana Wilsa selama ini banyak memberikan manfaat bagi warga.

“Kami tidak menolak perusahaan itu masuk di Geleo Asa. Kami pemilik lahan dalam konsesi mendukung keberadaan perusahaan itu,” ucapnya

Warga Geleo Asa lainnya, Rustam sangat antusias hadirnya PT Kencana Wilsa diwilayah itu.

“Perusahaan berizin lengkap dari pemerintah. Bahkan telah memiliki program sosial untuk masyarakat sekitarnya, khususnya Kampung Geleo Asa,” sebutnya.

“Perusahaan membuka ruang untuk pemberdayaan tenaga kerja lokal,” tukas Rustam.

Tags :
Kategori :

Terkait