Proses Tahapan Coklit Selesai, PPDP Temukan Beberapa Kendala di Lapangan

Jumat 14-08-2020,21:45 WIB
Reporter : Disway Kaltim Group
Editor : Disway Kaltim Group

Komisioner KPU Kukar Yuyun Nurhayati (Rafi'i/Nomor Satu Kaltim)

Kukar, nomorsatukaltim.com - Proses tahapan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih Pilkada Kukar 2020 usai. Tahapan yang dimulai sejak 15 Juli lalu, berakhir tanggal 13 Agustus kemarin. Dengan hasil 100 persen pendataan.

Komisioner KPU Kukar Yuyun Nurhayati mengatakan, tahapan selanjutnya yakni penyusunan daftar pemilih. Oleh panitia pemungutan suara (PPS). Kemudian rekapitulasi di tingkat desa. Hingga tingkat kabupaten.

Setelahnya, calon pemilih yang tidak masuk dalam daftar pemilih sementara (DPS). Akan diberi kesempatan di masa tanggapan masyarakat. Tahapan ini untuk memfasilitasi masyarakat yang tidak masuk DPS. Agar bisa didata kembali.

"Nantinya dimasukkan dalam DPS perbaikan," ujar Yuyun pada Disway Kaltim, Jumat (14/8/2020).

Dalam prosesnya. Yuyun mengatakan jika Petugas Pemutakhiran Dara Pemilih (PPDP) menemukan beberapa hal dan kendala. Seperti adanya warga yang sulit ditemui, tidak dikenal, hingga ada yang sudah meninggal dunia.

Bahkan untuk memastikan hal tersebut. PPDP harus ke pusara yang bersangkutan. Untuk memastikan kebenarannya. "Kami apresiasi kerja PPDP yang luar biasa," lanjut Yuyun, lagi.

Selain itu, letak geografis Kukar yang luas dan beberapa wilayah yang sulit dijangkau. Mulai dari akses jalanan yang sulit dilalui. Dan mengharuskan melalui jalur perairan untuk melakukan pendataan.

Berdasarkan laporan dari tim PPDP. Banyak ditemui wilayah yang memiliki jumlah pemilih baru. Meskipun di beberapa wilayah jumlah pemilih yang didata, banyak tidak memenuhi syarat (TMS).

“Hingga rekapitulasi tingkat kabupaten, baru bisa tahu berapa jumlah pemilih baru, pemilih pemula, berapa jumlah pemilih yang TMS. Kategorinya apa saja nanti kita bisa tahu," pungkas Yuyun.

Diketahui, sebanyak 547.514 daftar pemilih yang akan didata. Jumlah tersebut berdasarkan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) dan DPT pemilu terakhir.

Tahapan coklit daftar pemilih sendiri melibatkan sedikitnya 1.691 petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP). Di 18 kecamatan di Kukar. (mrf/ava)

Tags :
Kategori :

Terkait