Pemprov Fasilitasi BUMDes

Senin 10-08-2020,11:09 WIB
Reporter : admin3 diskal
Editor : admin3 diskal

PEMPROV Kaltara mendorong pengembangan UMKM. Termasuk memfasilitasi BUMDes melakukan ekspor dan impor.

Tanjung Selor, Disway – Keberadaan badan usaha milik desa (BUMDes), dinilai Gubernur Kaltara Irianto Lambrie, sebagai salah satu solusi memperlancar perdagangan di wilayah perbatasan, baik yang berada di wilayah Nunukan, maupun Malinau.

Karena itu, Irianto menyatakan bahwa Pemprov Kaltara, telah mengomunikasikan ke Kementerian Perdagangan. Agar, BUMDes di wilayah perbatasan, pun dapat melakukan kegiatan ekspor dan impor.

"Kita sudah koordinasi dengan pusat. Tahun depan, insya Allah pengurus BUMDes di desa-desa perbatasan, akan diedukasi ekspor dan impor. Mudah-mudahan tahun depan selesai itu," kata Irianto, pekan lalu.

Kegiatan ekspor dan impor, lanjutnya, memang harus memiliki legalitas berupa perizinan, yang dikeluarkan oleh Kementerian Perdagangan. "Kita akan fasilitasi. Segala sesuatunya harus punya prosedur, pos border, kepabeanan, dan lainnya. Dan, khusus untuk komoditasnya, akan kita gali terus," ujarnya.

Dikatakan, hasil koordinasi dengan jajaran Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, sudah ada beberapa BUMDes di Krayan, Seimanggaris, dan Sebatik, yang siap difasilitasi untuk menjadi eksportir maupun importir.

"Yang jelas, kita akan beri edukasi dulu. Kemudian, semua BUMDes akan kita dorong," tambahnya.

Menurutnya, jika BUMDes melakukan usaha ekspor maupun impor, pemenuhan kebutuhan masyarakat perbatasan akan lebih mudah. Selain itu, mendorong masyarakat semakin sejahtera dan mandiri, serta mendaulatkan ekonomi masyarakat di perbatasan.

Tags :
Kategori :

Terkait