Dukung Program Peningkatan Literasi, Bhayangkari Kukar Dirikan Taman Bacaan Umum

Sabtu 08-08-2020,20:01 WIB
Reporter : Y Samuel Laurens
Editor : Y Samuel Laurens

Kapolres Kukar AKBP Andrias Susanto Nugroho bersama Ketua Bhayangkari Kukar Maria Andrias Susanto saat meninjau kelengkapan Taman Baca Kemala (Rafi'i/Nomor Satu Kaltim)

Kukar, nomorsatukaltim.com - Adanya penyebaran wabah COVID-19 di Kutai Kartanegara (Kukar). Membuat sistem belajar bagi anak-anak berubah. Semula tatap muka, menjadi pembelajaran daring atau online. Untuk itu, Bhayangkari Kukar menyulap Posyandu Kemala di Asrama Polisi (Aspol) Polres Kukar. Menjadi taman baca.

Taman baca ini dimaksudkan, agar anak-anak tidak terlalu fokus bersama smartphone. Namun juga mengarahkan agar anak-anak mau membaca. Hal tersebut disampaikan Ketua Bhayangkari Kukar Maria Andrias Susanto. Disela-sela peresmian taman baca Kemala.

"Kita menyediakan fasilitas yang nyaman supaya anak anak tertarik untuk datang membaca," ujar Maria pada nomorsatukaltim.com, Sabtu (8/8/2020).

Ditaman baca ini, akan terus dikembangkan. Nantinya juga akan dijadikan Taman Kanak-kanak (TK) hingga PAUD. Sehingga menjadi tempat edukasi bagi anak-anak.

Meskipun dibuka untuk umum dan tidak dipungut biaya. Tetap ada pembatasan jumlah anak. Hal ini guna memperhatikan protokol kesehatan. Sehingga anak yang hadir secara bergantian.

"Kita akan membatasi 5 atau 6 anak untuk sekali kunjungan supaya kita bisa melakukan social disctacing," lanjut Maria, lagi.

Sementara itu, Kapolres Kukar AKBP Andrias Susanto Nugroho mengapresiasi peresmian Taman Baca Kemala. Dirinya berharap ini mampu mendorong instansi terkait. Tujuannya untuk mensejahterakan masyarakat dan peduli kepada anak.

"Kedepannya sesuai dengan rencana rumah ini juga akan kami jadikan tempat penitipan anak," ujar Andrias.

Dengan berdirinya taman membaca ini. Diharapkan mampu membantu program pemerintah terkait literasi membaca. Meskipun ditengah pandemi COVID-19, bisa memanfaatkan taman baca untuk dijadikan tempat untuk belajar. (mrf/sam)

Tags :
Kategori :

Terkait