Khawatir Efek Domino

Kamis 06-08-2020,20:19 WIB
Reporter : admin3 diskal
Editor : admin3 diskal

“Usaha seperti jasa maupun konsumsi yang bekerja sama dengan mereka (perusahaan di sektor pertambangan) tidak sedikit di Berau. Tentu dampaknya ikut dirasakan,” tuturnya.

Sebelum perusahaan mengambil langkah antisipasi. Wendy menyarankan, perlu dilihat kembali target penurunan produksi hingga 50 persen. Jangan sampai, produksi turun, padahal sebenarnya masih ada permintaan pasar dunia.

“Kami harap berimbang, karena dampaknya sangat besar. Kalau berbicara penurunan produksi, tentu bukan berdampak kepada karyawan perusahaan tambang saja. Efek dominonya juga besar,” jelasnya.

Sebelumnya, Bupati Berau Muharram mengatakan, ketergantungan terhadap sektor pertambangan harus dihilangkan. Dan secepatnya digantikan. Bagaimanapun, batu bara merupakan sumber daya alam tidak dapat diperbaharui.

Ketergantungan terhadap sektor pertambangan, memberikan dampak signifikan pada seluruh sektor. Sebagai contoh, daya beli masyarakat akan turun. Musababnya, berkurang pendapatan hingga terjadinya PHK.

Muharram menambahkan, pemerintah harus mulai membangkitkan sektor-sektor potensial di Bumi Batiwakkal. Pariwisata yang mulai dikenal dan berkembang pesat, bisa menjadi tumpuan baru ekonomi. Demikian halnya perkebunan, serta memanfaatkan sungai besar untuk menghasilkan energi listrik. */JUN/APP

Tags :
Kategori :

Terkait